Soal Mahasiswa Usir Pengungsi Rohingya, Mahfud MD: Dunia Menolong Saat Tsunami Aceh

Menkopolhukam RI , Mahfud MD
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Sidoarjo, VIVA Jatim –Belakangan ramai aksi mahasiswa Aceh yang mengusir pengungsi Rohingya, pada Rabu, 27 Desember 2023. Hal itu langsung direspons Menkopolhukam RI Mahfud MD, yang menyingunggung peristiwa tsunami yang terjadi 2004 silam.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Mahfud mengatakan, ketika Aceh dilanda bencana tsunami berbagai negara berbondong-bondong memberikan bantuan dan solidaritas. Maka kini masyarakat setempat seharusnya bersedia untuk membantu pengungsi Rohingya dengan memberikan penampungan sementara.

“Aceh dulu terserang Tsunami berbagai dunia, manusia dari berbagai penjuru dunia datang menolong, masak sekarang tidak mau nolong, kan begitu, ya kita tolong,” kata Mahfud di Buduran, Sidoarjo, Kamis 28 Desember 2023.

Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

Mahfud mengakui, Indonesia sebenarnya tak terikat dengan konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pengungsi. Namun, menurutnya negara ini termasuk masyarakatnya haruslah punya keterikatan dengan kemanusiaan.

“Kita sendiri tidak terikat dengan konferensi PBB tentang pengungsi yang kemudian membentuk UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) komisi tinggi PBB tentang pengungsi, kita tidak terikat dengan itu. Tapi kita punya ikatan lain yaitu kemanusiaan,” ucapnya.

BMKG Tuban Sebut Terjadi 11 Kali Gempa Susulan di Hari Ini

Negara, kata Mahfud juga tidak mungkin membiarkan orang yang diusir dari negerinya hingga terkatung-katung. Jadi Indonesia harus memberikan tempat pengungsian sementara.

“Orang kalau diusir tidak bisa pulang ke negerinya daripada terkatung-katung, lalu kita tampung dulu sementara. Nanti dikembalikan melalui PBB, karena yang punya aturan PBB,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title