Respons PBNU soal Tudingan Gus Salam Arahkan Dukung Prabowo-Gibran

Sekretaris Jenderal PBNU Gus Ipul saat menghadiri acara Jatim Bershalawat 2 di Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merespons tudingan Mantan Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam, yang mengatakan bahwa pengurus PBNU diduga mengarahkan struktur PCNU untuk mendukung paslon nomor urut 02 capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Gus Salam menyebut, intruksi itu disampaikan PBNU dalam pertemuan bersama pengurus PCNU dan PWNU Jatim di Surabaya pada Rabu, 27 Desember 2023, malam.

Sekretaris Jenderal PBNU H Syaifullah Yusuf menepis tudingan itu. Ia justru mempertanyakan posisi Gus Salam yang tidak ikut serta dalam pertemuan sehingga menganggap sangkaan Pengurus Pondok Pesantren Denanyar Jombang itu tidak berdasar.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

"Yang bicara siapa? Ikut gak? Kalau gak ikut saya gak mau mengomentari, kalau dia ikut pertemuan itu baru saya komentari. Kalau cuma dengar-dengar ya enggak," ujar Gus Ipul di hadapan awak media saat menghadiri acara Jatim Bershalawat 2 di Surabaya, Kamis 28 Desember 2023.

Ia lalu menegaskan jika persoalan pencopotan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) KH Marzuki Mustamar merupakan urusan internal PBNU yang tidak ada kaitan dengan urusan politik sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

"Itu pokoknya ini urusan internal. Ada yang disampaikan ada yang tidak. Soal ganti mengganti itu biasa," lanjutnya.

Gus Ipul menambahkan, NU memberi kebebasan warganya memilih setiap paslon capres-cawapres sesuai dengan hati nurani masing-masing. Menurutnya posisi PBNU dalam Pemilu 2024 mendatang sangat jelas, yakni netral.

Halaman Selanjutnya
img_title