Petasan Dilarang saat Malam Tahun Baru 2024, Begini Penjelasan Lengkap Polri

Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Penggunaan petasan saat perayaan malam tahun baru 2024 dilarang oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

"Terkait petasan, kami sampaikan petasan itu dilarang dalam melaksanakan malam perayaan tahun baru," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat, 29 Desember 2023.

Namun, Ramdhan menjelaskan jika hanya kembang api yang diizinkan untuk dipergunakan pada malam pergantian tahun. Meski begitu, dia mengatakan, penggunaan kembang api harus melalui izin dari pihak-pihak yang berwenang. 

Jadwal Lengkap One Way, Contraflow dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran

"Yang diizinkan adalah kembang api, tapi penggunaannya juga harus minta izin karena harus melihat lokasi-lokasi apakah tempat-tempat itu memungkinkan dilaksanakan kembang api," ujarnya.

"Jadi misalnya ada kegiatan, panitianya harus minta izin, harus ada izin keramaian dan izin penggunaan kembang api itu sendiri," kata Ramadhan. 

Jadi Gudang Perakit Petasan, Mushalla di Bangkalan Digrebek Polisi

Seperti diketahui, malam pergantian tahun baru identik dengan perayaan di sejumlah daerah. Khusus Jakarta, Pemprov DKI menyediakan 11 panggung hiburan untuk menyambut pergantian tahun baru 204. 

Adapun acara puncak penyambutan tahun baru 2024 akan digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Tema yang diusung pada puncak perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta yakni ‘Festival Malam Muda-Mudi, Jakarta Kota Global’.