KBM di SDN Mojokerto Tetap Jalan meski Ruang Kelas Ambruk Diterjang Hujan

Ruang Kelas SDN di Mojokerto Ambruk Diterjang Hujan Deras
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Ngingasrembyong, Kecamatan Kabupaten Mojokerto berjalan normal di hari pertama pasca liburan semester dan akhir tahun 2023, meski ruang kelas 6 dan ruang guru atapnya ambruk usai diterjang hujan deras beberepa waktu lalu.

Terungkap! Wanita Asal Tuban yang Ngaku Dirampok Ternyata Palsu, Modus Investasi Bodong

Selain itu, kerusakan juga terjadi di ruang kelas 5 musala, gudang, ruang Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) , dan kantor Kepala Sekolah (Kepsek) Sejumlah bangunan tersebut berada dalam satu deretan.

VIVA Jatim menyambangi SDN Ngingasrembyong pada 2 Januari 2023. Material reruntuhan genting dan cor beton di ruang kelas 6 dan ruang guru yang ambruk masih nampak berserakan. Sementara, kerangka atap, meja, kursi dan lemari serta alat peraga telah dikeluarkan ke lapangan dengan dipasang garus polisi. 

Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lamongan Tanam Pisang di Jalan Rusak

Sedangkan, ruangan ANBK, kantor Kepsek, gudang, musala, dan ruang kelas 5 dikosongkan dan tidak digunakan untuk sementara. Hal itu dikerenakan kondisi atapnya yang memprihatikan. Atap dan gentingnya nyaris ambruk dengan tiang penyangga dalam kondisi miring.

Salah satu guru SDN Ngingasrembyong, Muhammad Afifuddin menuturkan, pihak sekolah memutuskan menyulap ruangan gudang dan aula untuk menjadi ruang kelas kelas 5 dan 6 untuk kegiatan KBM sementara.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Begitu pun dengan para guru. Mereka juga terpaksa menempati ruangan di gedung lain. Akan tetapi, kata Afif, ruangan guru telah dipindakan lebih dulu pindah sebelum kejadian yang berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023 itu.

“Guru memakai ruang yang dulunya kelas. Tapi, rungan guru sudah pindah sebelum kejadian ambruk karena memang kemeringan dan retakan gedung sudah lama,” katanya kepad VIVA Jatim saat ditemui di SDN Ngingasrembyong, Selasa, 2 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title