Polda Jatim Desak Pemerintah Daerah Anggarkan Pemasangan Palang Pintu Kereta Api

Direktur Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Komarudin.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) meminta pemerintah daerah supaya menganggarkan pemasangan palang pintu kereta api di perlintasan sebidang pada tahun anggaran 2024.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Karena menurut Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Komarudin. Sampai saat ini masih banyak ditemukan perlintasan sebidang kereta api yang tidak dilengkapi palang pintu sehingga membahayakan keselamatan masyarakat saat melintasinya.

Kombes Pol Komarudin menyampaikan, pada akhir tahun 2023, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait untuk menyikapi persoalan ini. Rapat kemudian menyimpulkan bahwa kebutuhan pemasangan palang pintu di perlintasan sebidang kereta api sangat mendesak untuk segera dibangun.

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

"Dalam hal ini tentu Pemerintah Daerah Jawa Timur dan kabupaten kota seluruhnya, untuk menganggarkan tahun 2024, pemasangan palang-palang otomatis pada titik-titik yang masih banyak tak berpalang," ujar Kombes Pol Komarudin di Surabaya, Kamis 3 Januari 2024.

Ia menambahkan, sejauh ini masyarakat secara sukarela melakukan pengamanan di titik perlintasan sebidang kereta api dengan cara manual demi mencegah kecelakaan lalu lintas.

Polda Jatim Ungkap Kasus Penipuan Senilai Rp11,2 M Berkedok Kerjasama Bisnis

Sementara pembangunan palang pintu otomatis yang menjadi tanggung jawab pemerintan dinilai lamban dikerjakan.

"Kemarin kita juga baru Anev [analisa dan evaluasi], penambahan [pemasangan palang pintu kereta api] hanya baru sekitar 11 [titik]," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title