Kota Lama Jadi Magnet Wisata, Pemkot Surabaya dan Swasta Kompak Jaga Lingkungan

Pemkot Surabaya dan swasta bersih-bersih di Kota Lama.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimKota Lama yang baru saja direnovasi menjadi magnet wisata baru bagi para pelancong di Kota Surabaya. menyadari itu, Pemerintah Kota Surabaya dan sejumlah elemen swasta berkolaborasi untuk menjaga lingkungan agar wisata Kota Lama tetap lestari dan jadi jujukan wisatawan saat berkunjung di Kota Pahlawan.

Ada beberapa pihak yang diajak Pemkot Surabaya berkolaborasi. Di antaranya Kadin Jatim, Kadin Surabaya, Surabaya Next Leader, Sea Soldier, Waste4change, serta Sampoerna Retail Community (SRC) di bawah Payung Program Keberlanjutan ‘Sampoerna Untuk Indonesia’. 

Lewat program Bulan Cintai Bumi: Kelola Sampah untuk Kurangi Jejak Lingkungan, dengan tema ‘Bersih-Bersih Surabaya Lestari’, mereka melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan di kawasan Kota Lama pada akhir pekan lalu. Kegiatan seperti itu akan dilaksanakan di waktu-waktu berikutnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Dedik Irianto menuturkan, gerakan kolaborasi menjadi tradisi baik untuk merawat lingkungan hidup. Pihaknya pun mengapresiasi gerakan baik untuk menjaga lingkungan yang sudah dilakukan oleh kelompok swasta. 

“Bahkan saya salut dengan hastag #SayaAjaBisa yang dipakai. Ini menjadi penting karena kebersihan lingkungan diawali dari diri sendiri,” kata Dedik, Selasa, 24 September 2024. 

Ia berharap, kegiatan kolaborasi yang dilakukan di Kota Lama bisa terus menggema. Sehingga kegiatan kolaborasi ini bisa dilakukan rutin dan memiliki semangat untuk terus menjaga lingkungan hidup. 

Sementara itu, Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi La Nyalla M Mattalitti mengatakan, kelompok swasta memiliki  komitmen dan peran aktif bersama masyarakat untuk menjaga lingkungan. Kota Lama menjadi bagian penting dari ikon Kota Surabaya.