Muhammad Arif Kembali Terpilih Jadi Ketum APJII Periode 2024-2028

Ketum APJII Terpilih (Kiri) Muhammad Arif
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, Viva Jatim-Muhammad Arif kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Periode 2024-2028 dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ke-12 pada 23-24 September 2024 di, Hotel Vasa, Surabaya. Arif mengatakan akan segera menyusun program yang relevan dengan perkembangan saat ini.

"Akhirnya selesai pelaksanaan Munas dan terpilih menjadi ketua umum. Dan kami akan mengembangkan beberapa wilayah baru karena ada 15 wilayah yang akan melaksanakan musyawarah wilayah (Muswil) di 15 kota di Indonesia," kata Arif di sela kegiatan Munas APJII di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 24 September 2024.

Ia mengatakan dalam masa kepemimpinannya kali ini akan melakukan pengembangan infrastruktur dan juga layanan kepada anggota yang perlu ditingkatkan lagi. Selama ini berbagai pencapaian signifikan telah diraih, termasuk peningkatan kapasitas jaringan Indonesia Internet Exchange (IIX) yang kini mendukung trafik lebih dari 13 Tbps serta inisiatif pelatihan yang memperkuat kompetensi sumber daya manusia di sektor teknologi.

Arif menambahkan bahwa diperlukan persiapan matang dalam menjalankan kepengurusan berikutnya. Ia menegaskan program kerja yang akan disahkan tidak hanya relevan dengan kondisi saat ini, tetapi juga proaktif dalam merespons dinamika industri dan mengantisipasi perubahan global yang cepat.

Untuk itu, Arif meminta dukungan penuh dari anggota APJII untuk kepemimpinan yang akan datang. Harapannya APJII terus memimpin industri internet di Indonesia.

"Stabilitas, keterbukaan, dan inovasi, akan menjadi kunci kita dalam menghadapi tantangan masa depan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Munas APJII, Ayom Rahwana menyampaikan bahwa Munas ini bukan hanya ajang untuk diskusi dan pengambilan keputusan strategis. Tetapi juga sebuah kesempatan untuk mempererat hubungan antar-anggota dan merasakan keindahan lokal Jawa Timur.