Presiden Jokowi Hadiri FTIN di Banyuwangi, Rangkaian Peringatan Satu Abad NU

Presiden Jokowi di acara FTIN di Banyuwangi
Sumber :
  • Istimewa

JatimPresiden RI Joko Widodo menghadiri Festival Tradisi Islam Nusantara (FTIN), di Stadion Diponegoro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin 09 Januari 2023, kemarin malam. FTIN berlangsung selama dua hari yakni tanggal 9-10 Januari 2023.

Festival tersebut merupakan rangkaian dari Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak seluruh umat Islam khususnya warga NU untuk menggunakan seni dan budaya sebagai bagian dari dakwah. 

“Saya ingin mengajak umat Islam di seluruh penjuru tanah air, khususnya warga Nahdlatul Ulama, untuk ikut menjaga dan melestarikan kekayaan budaya nusantara,” kata Jokowi

Menurut  Presiden Jokowi seni budaya bisa digunakan sebagai bagian dari dakwah dan syiar untuk membangun peradaban, membawanya tetap eksis dan mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman di masa depan.

Pada gelaran FTIN ini ditampiilkan pagelaran kolosal budaya Islami Nusantara dari berbagai lokus kebudayaan dan rasa. Di antaranya lalaran nadham kitab Alfiyah  secara kolosal, kreasi hadrah nusantara, FGD dan Penyusunan Naskah Tradisi Islam Nusantara hingga Konser Sholawat bersama Habib Syekh bin Abdul Qodir Assegaf. 

Selain itu, FTIN  juga menampilkan kreasi hadrah nusantara. Tampilan spektakuler ini diikuti oleh 300 penabuh rebana dan 500 penari yang membawakan ragam tari daerah berbasis Islam di nusantara. Juga akan digelar simposium yang melibatkan 25 cendikiawan dan budayawan berlatar Nahdliyin dari seluruh Indonesia. 

Selain Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, turut mendampingi Kunjungan Kerja Presiden Jokowi diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Tohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.