Sungai Kanigoro di Mojokerto Meluap, Rumah Warga Hanyut dan Fasilitas Umum Rusak

Sungai Kanigoro di Mojokerto hanyutkan fasilitas umum
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimBanjir yang melanda Kacamatan pungging, Mojokerto berhasil menghanyutkan satu unit rumah warga. Peristiwa ini terjadi akibat Sungai Kanigoro di Mojokerto meluap

Tidak hanya rumah warga, fasilitas umum berupa jembatan penghubung antar dusun juga rusak terkena aliran sungai yang deras. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Hujan dengan intensitas tinggi menerjang wilayah Kabupaten Mojokerto pada Kamis, 9 Februari 2023 sore. Akibatnya aliran sungai Kanigoro  di Dusun Kaliurip, Desa Kalipuro, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto meluap. Banjir pun menerjang wilayah Desa tersebut. 

"Terjadinya peningkatan  debit air pada aliran Sungai kanigoro  berdampak  bangunan rumah milik Bapak Wanto hanyut terbawa arus air sungai tersebut. Jembatan Dusun Kaliurip rusak ringan ," kata Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat kepada Vivajatim.co.id. 

Saat ini tim Gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Mojokerto, TNI, Polri, Perangkat Desa, dan Potensi Relawan serta warga berbondong melakukan pembersihan dan  evakuasi. 

"Pemilik rumah yang hanyut mengungsi di rumah saudaranya.  Ada 3 jiwa," ujar Djoko.

Kondisi terkini, cuaca terpantau masih hujan ringan. Namun, kondisi debit air sungai Kanigoro mengalami penurunan secara drastis.