Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U-20 Disebut akibat Permainan Politik Identitas

President Football For Peace Interfaith Indonesia Zahrul Azhar Asumta.
Sumber :
  • Dokumen Football for Peace Indonesia

Jatim – Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah dicoret FIFA, dua bulan sebelum jadwal kompetisi dunia itu digelar. Banyak yang kecewa dengan keputusan itu, termasuk President Football For Peace Interfaith Indonesia, Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans.

Terungkap, Ini Alasan Jay Idzes Pilih Perkuat Timnas Indonesia Ketimbang Belanda

Dia berpendapat bahwa itu terjadi akibat dari permainan politik identitas. “Ini pelajaran bagi kita semua, agar janganlah bermain-main dengan politik identitas dan janganlah semaunya diukur untuk kepentingan poltik,” kata Gus Hans dalam keterangan tertulis diterima Viva Jatim, Sabtu, 1 April 2023.

Menurutnya, FIFA mencoret Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 hanya karena faktor ulah politisi yang ingin menndapatkan jabatan dan keuntungan partainnya. Ujung-ujungnya berdampak pada gagalnya Indonesia, terutama para atlet untuk bisa eksis dalam membanggakan nama bangsa ini di dunia internasional.

Shin Tae Yong Beberkan Kunci Sukses Timnas Indonesia Bekuk Vietnam 3-0 di Hanoi

Gus Hans mengaku kasihan dengan Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia yang sudah bekerja keras mengupayakan agar event ini bisa berjalan dan terjadi di Indonesia. “Ternyata tidak mudah mencari suksesor Pak Jokowi. Sosok yang selama ini digadang-gadang seakan bisa membaca, sepemikiran, seide dengan Pak jokowi ternyata masih belum bisa,” tandasnya.

“Ini pasti membuat kecewa banyak orang yang telah mempertaruhkan dan memberikan harapan kepada seseorang, yang mungkin diharapkan bisa meneruskan langkah dan cita-cita serta moedel kepemimpinan ala Pak Jokowi,” imbuh Gus Hans.

Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam 3-0

Seperti diketahui, FIFA mengeluarkan keputusan untuk membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Keputusan itu diambil setelah Presiden FIFA Gianni Infantino menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Pembatalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 diumumkan FIFA melalui keterangan tertulis yang disiarkan di laman resminya pada Rabu, 29 Maret 2023, malam. Tak dijelaskan secara rinci apa musabab FIFA mengeluarkan keputusan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title