Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Rosidin pemilik Toko Kelontong Madura
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Banyak cara yang dilakukan seseorang saat mengadu nasib di tanah rantau. Seperti halnya orang Madura yang dikenal sebagai pemilik Toko Kelontong sukses di berbagai kota besar di Indonesia. Bahkan keberadaanya mampu bersaing dengan dua minimarket besar, Indomaret dan Alfamart.

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial tentang Toko Kelontong Madura yang ikonik. Tidak seperti toko atau warung pada umumnya. Toko Kelontong Madura dikenal dengan pelayanan yang full 24 jam. Bahkan di hari-hari besar seperti lebaran pun tetap buka. 

Esktra dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan adalah keharusan. Mengingat, notabene yang jual adalah sembako, kebutuhan mendasar di kalangan masyarakat. Sehingga jam buka 24 jam dimaksudkan untuk melayani masyarakat yang sedang butuh sesuatu. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Namun demikian, seiring perkembangan zaman, keberadaan Toko Kelontong Madura dihadapkan dengan berbagai tantangan dan persaingan. Keberadaan minimarket yang juga tak kalah lengkap menjual sembako maupun kebutuhan lain hadir dengan konsep yang lebih mapan.

Meski begitu, Toko Kelontong Madura selalu punya cara agar tetap eksis di tengah gempuran persaingan pasar dengan minimarket itu. Apalagi beberapa juga menyediakan pembelian bahan bakar kendaraan bermotor secara ecer atau pom mini.

Omzet Transaksi Game Online di Loket Tradisional Naik 5 Kali Lipat Selama Libur Lebaran

Rosidin pemilik Warung Madura Toko Hamdalah menuturkan bahwa perlu ada strategi untuk menarik perhatian pelanggan. Yang paling utama adalah maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. 

“Ya ramah dengan pelanggan dan jangan lupa senyum juga. Tawarkan promo juga bisa, sama sekarang kan juga gabung Fastpay,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title