Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Ilustrasi kue kering
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jatim- Mencicipi setiap makanan di rumah sanak saudara yang berbeda, asupan gula dan lemak jadi terabaikan karena fokus pada makanan yang lezat saja. Sehingga potensi mendatangkan penyakit kambuh bisa saja terjadi.  

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Kendati lebaran telah usai, tetapi masyarakat tidak boleh abai terhadap penyakit yang sedang dideritanya. Kini sudah waktunya untuk kembali memikirkan kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut 5 penyakit yang biasanya mengintai usai lebaran:

1.Sakit tenggorokan 

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Makanan atau minuman dengan pemanis buatan sangat berisiko menyebabkan sakit tenggorokan. Apalagi, kurang minum air putih bisa menyebabkan kurangnya hidrasi dan membuat gampang sakit.

"Biasanya setelah Lebaran muncul sakit batuk, radang tenggorokan karena terlalu banyak konsumsi minuman manis dan ada perasa. Kurang minum air putih juga memengaruhi," kata Ahli Gizi, Wihda Liuswatin Alfafa, saat dihubungi VIVA, Jumat 12 April 2024. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

2. Diabetes 

Penderita diabetes patut waspada dengan makanan dan minuman manis yang disajikan ketika Lebaran. Merasakan kenikmatan dari makanan yang disajikan jangan sampai membuat lupa dengan kadar gula darah yang bisa melonjak karena makanan atau minuman manis berlebih.

Halaman Selanjutnya
img_title