Saat 5 Pelajar Asal Jepang Berbaur dengan Siswa Belajar Budaya di MAN 1 Lamongan

5 pelajar Jepang ikut belajar di MAN 1 Lamongan.
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim – Lima pelajar yang berasal dari sejumlah sekolah di Kota Hiroshima di Jepang belajar tentang agama, kebudayaan dan bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan Senin 12 Agustus 2024.

Kekeringan Landa 11 Kecamatan di Lamongan, BPBD Gencar Distribusikan Bantuan Air Bersih

Lima pelajar sekolah menengah atas yang itu, akan belajar di Lamongan selama 7 hari ke depannya dengan didampingi oleh gurunya, Yuha Takahashi.

Kepala Sekolah MAN 1 Lamongan, Nur Endah Mahmudah mengatakan, pelajar asal Jepang nantinya aka diberikan materi pembelajaran tentang kebudayaan, agama dan bahasa Negara Indonesia. Sebaliknya pelajar dari Lamongan juga akan diajarkan kebudayaan dari Jepang.

4 Ruko di Lamongan Ludes Terbakar, Diduga Gegara Korsleting Listrik

"Kegiatan ini merupakan program pertukaran pelajar yang sudah berjalan selama 2 tahun, Desember mendatang ada siswa kami yang ke Jepan dan semua itu bebas biaya," ujar Nur Endah Mahmudah.

Bagi Endah Mahmudah pertukaran pelajar dari Lamongan ke Jepang tersebut sangat bermanfaat bagi para siswa. Sebab dengan ini para siswa MAN 1 Lamongan bisa terpacu ingin menguasai bahasa yang digunakan oleh pelajar dari Jepang.

Polisi Berhasil Tangkap Pengemudi Ertiga yang Kabur Usai Tabrak Pemotor di Lamongan

Sementara itu, Guru pendamping asal Jepang Yuha Takahashi mengaku tersanjung dengan kebudayaan dan perilaku serta sikap masyarakat Lamongan yang ramah tamah. Selain itu, lanjut Yuha Indonesia memiliki banyak hal yang bisa digali baik budaya hingga keramahannya.

"Kami datang dan merasa dihargai. Kami mengapresiasi sambutan dari guru dan para murid. Hari ini ada kejutan yang luar biasa dan sambutan kepada kami, saya terharu dan terkejut dengan sambutan mereka," kata Yuha. 

Halaman Selanjutnya
img_title