Cerita Pengusaha Rental Sidoarjo Mobilnya Disewa Rp10 Juta per Hari buat HUT RI di IKN

Lapangan upacara di IKN
Sumber :
  • Viva

Sidoarjo, VIVA Jatim – Saiful Anam, satu di antara pengusaha rental mobil yang kendaraannya disewa untuk menunjang kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mulai Hari Ini IKN Dibuka untuk Umum, Ini Dia Cara Masuknya

Pria sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Pengusaha Rental Indonesia (Asperindo) Kabupaten Sidoarjo itu menuturkan, minimnya jumlah armada di wilayah Kalimantan untuk menunjang kegiatan kenegaraan itu mendorong pihak penyelenggara perlu mendatangkan kendaraan dari Pulau Jawa.

Termasuk dari tempatnya, di Sidoarjo. "Karena yang paling dekat jalur pemberangkatannya, kan, dari sini, Pelabuhan Tanjung Perak. Dari Pulau Bali pun berangkatnya dari [Pelabuhan] Tanjung Perak," ujarnya kepada ViVA Jatim, Jumat, 9 Agustus 2024.

BPIPI Akhirnya Punya Kantor Sendiri Berkonsep Bangunan Hijau di Sukodono Sidoarjo

Ia menyebut, dua unit Toyota jenis Alphard yang menjadi koleksinya disewa pihak penyelenggara HUT RI di IKN dengan harga mencapai Rp10 juta per unit per harinya.

Awalnya, Saiful Anam mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara memesan puluhan unit mobil Alphard dan sejenisnya. Namun lantaran kondisi infrastruktur seperti jalan hingga kantong parkir kurang memadai, pemesanan akhirnya dibatalkan dan beralih ke bus.

Pj Gubernur Adhy Sebut Flyover Juanda dan 20 Proyek Infrastruktur Memperlancar Konektivitas

"Kalau saya kebetulan cuma dua Alphard yang 25 [unit] dicancel karena BUMN di sana diganti bus karena jalannya nggak menunjang. Untuk mengurangi mobilitas di [IKN] sana jadi pakai bus," lanjutnya.

Dua kendaraan milik Safiul Anam rencananya mulai dipakai Agustusan di IKN selama sepekan, mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Agustus 2024. Sehingga dua hari sebelumnya, ia harus memberangkatkan kedua mobil mewah tersebut melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title