Ragam Peristiwa Penting di Bulan Rajab, dari Isra Miraj hingga Baitul Maqdis

Ilustrasi Isra Miraj
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah swt adalah bulan Rajab. Di bulan inilah Allah swt melimpahkan ampunan kepada hamba-Nya yang bersungguh-sungguh bertaubat. Di bulan ini pula, ragam peristiwa penting dalam sejarah peradaban umat Islam terjadi. 

Lebaran kian Dekat, Ini 5 Rekomendasi Hampers Unik dan Murah Meriah

Oleh sebab itu, momentum bulan Rajab hendaknya tidak dilewatkan begitu saja. Bahkan dalam tradisi umat Islam di Indonesia, bulan Rajab diisi dengan aneka amalan dan doa yang dilakukan bahkan pula peringatan-peringatan mengenang sejumlah peristiwa guna meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt dan Rasul-Nya. 

Dilansir VIVA dari laman NU Online, berikut ini peristiwa penting yang menggambarkan kemuliaan dan keistimewaan bulan Rajab. Pertama, di bulan Rajab ini, Sayyidah Aminah binti Wahb mulai mengandung janin yang kelak diberi nama Muhammad. 

Lakukan Amalan Ini agar Terhindar dari Bahaya Santet

Setelah mengandung selama Sembilan bulan, pada bulan Rabiul Awal, Sayyidah Aminah melahirkan manusia paling mulia yakni Nabi Muhammad saw. Kelahirannya merupakn rahmat yang Allah swt hadiahkan kepada alam semesta. 

Kedua, peristiwa Isra dan Miraj. Peristiwa ini merupakan salah satu mukjizat terbesar yang Allah anugerahkan kepada Nabi Muhammad saw. 

5 Amalan Meraih Keutamaan Lailatul Qadar, Malam Penuh Kemuliaan

Penting diketahui bahwa maksud dan tujuan Isra dan Miraj bukan berarti Allah di atas lalu Rasulullah diperintah untuk naik ke atas agar sowan bertemu dan menghadap Allah. Bukan seperti yang dimaksud dengan mukjizat yang luar bias aini. 

Ulama Ahlussunnah wal Jamaah menegaskan bahwa Allah Maha Suci dari tempat dan arah. Dia ada namun keberadaan-Nya tidak membutuhkan tempat dan arah. Dia ada tanpa tempat dan arah. Dia ada tanpa tempat dan arah sebelum terciptanya tempat dan arah, dan setelah menciptakan keduanya, Dia tidak berubah, tetap ada dan tanpa tempat. 

Halaman Selanjutnya
img_title