Mengenal Pondok Tengah di Trenggalek yang Berusia Lebih 2 Abad

Suasana Pondok Tengah PPHT yang berdiri sejak 1790 silam
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Pondok Pesantren Hidayatut Thullab (PPHT) atau yang dikenal dengan Pondok Tengah sudah berdiri lebih dari 2 abad lamanya. Yakni pada tahun 1790. Pesantren yang terletak di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek ini menyimpan ragam pahatan sejarah sejak masa kerajaan, penjajahan, hingga kemerdekaan. 

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Disebut Pondok Tengah, karena pesantren ini secara letak geografis berada di tengah-tengah dua pondok lainnya yang berada di daerah yang sama. Salah satu Pengasuh PPHT Pondok Tengah, KH Bahauddin Nafi'i mengungkapkan bahwa pada 1790, kondisi sekitar masih seperti hutan belantara.

Ia lantas menceritakan, kala itu, tepatnya tak jauh dari lokasi pondok, ada sebuah kerajaan Sendang Kamulyan Trenggalek yang sudah tidak bertahta lagi. Yang tertinggal hanyalah puing-puing bangunan. 

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Di situ, tinggallah seorang aparatur Kerajaan Mataram yang melarikan diri meninggalkan anak istri dan kedudukannya. Menurut keterangan, aparat tersebut tak lain adalah Mbah Kiai Ahmad Yunus, kiai sufi putra Mbah Bagus Mukmin yang diambil menantu Raja Mataram. 

"Beliau merupakan kiai sufistik, Mbah Kiai Ahmad Yunus. Atau Putra Mbah Bagus Mukmin yang diambil menantu oleh Raja Mataram," jelas KH Bahauddin Nafi'i dikonfirmasi, Rabu 1 Februari 2023.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Kiai Yunus juga dikenal dengan sebutan Sunan Wilis. Di daerah yang kelak menjadi pondok, Ia mendirikan bangunan sederhana. Hanya beratapkan alang-alang dan memakai sabut aren ijuk guna mengaitkan kayu-kayu bangunan. Alhasil, bangunan ini beliau jadikan pusat penyebarluasan ajaran Islam.

Keuletan dan kesabaran yang dimiliki Kiai Yunus dalam berjuang, membuat hutan belantara kala itu, berubah menjadi pemukiman penduduk dan diberi nama Desa Kamulan.

Halaman Selanjutnya
img_title