Sejarah Penting di Bulan Syawal, dari Perang Uhud hingga Pernikahan Nabi

Umat Islam diwajibkan melaksanakan shalat Jumat
Sumber :

Jatim – Setelah sebulan lamanya menunaikan ibadah puasa Ramadan, umat Islam tengah merayakan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriyah. Di bulan ini, terlepas dari perayaan Idulfitri, terdapat ragam peristiwa penting dalam Islam. Mulai dari Perang Uhud hingga Pernikahan Nabi Muhammad SAW. Berikut ini ulasannya, dilansir dari VIVA, Minggu, 23 April 2023. 

Kondisi Umat Islam di Akhir Zaman yang Digambarkan dalam Hadits Nabi

Perang Uhud

Perang Uhud yang pecah pada 15 Syawal, yakni tiga tahun setelah hijrahnya Rasulullah saw. Sebanyak 700 pasukan muslim berhadapan dengan 3.000 pasukan musyrik.

Simak Cerita Rasulullah SAW Lakukan 3 Kali Salat Tarawih saat Ramadan

Awalnya, umat Islam mendominasi jalannya pertempuran. Orang-orang musyrik terdesak sehingga meninggalkan harta benda yang mereka bawa. Di sini sekelompok pasukan muslim yang bertugas sebagai pemanah di puncak-puncak bukit, lengah.

Khalid bin Walid yang saat itu masih kafir melihat celah itu lalu kemudian menyerang sisi pemanah sehingga pasukan Islam kocar-kacir. Kekalahan ini menyebabkan Rasulullah terluka parah.

Menikmati Kelezatan Kurma Ajwa dan Sukkari yang Kaya Manfaat bagi Tubuh

Kejadian ini terekam dalam Q.S. Ali Imran: 121. Perang Uhud adalah satu di antara perang yang disebut-sebut dalam Al-Qur'an sebagai satu di antara ujian ketaatan kepada sunah dan ajaran Nabi Muhammad.

Perang Khandaq

Halaman Selanjutnya
img_title