Menyibak Kisah Perjuangan Rasulullah Hadapi Perang Badar

Ilustrasi Perang Badar
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kota Madinah, Arab Saudi menyimpan ribuan saksi bisu sejarah peradaban Islam. Khususnya peninggalan-peninggalan sejarah perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabatnya dalam menyebarkan agama Islam.

Ustaz Adi Hidayat Sarankan Potong Kuku Begini

Salah satu di antara tempat bersejarah yang wajib dikunjungi jemaah haji Indonesia adalah Kota Badar. Di kota inilah, Rasulullah bersama para sahabat menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran untuk berjuang menghadapi Perang Badar.

Lantas seperti apa kisah perjuangan tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya, melansir VIVA, Senin, 5 Juni 2023.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Bila hendak menuju Kota Badar, di tengah perjalanan, anda akan dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit dan gunung bebatuan yang indah. Ini akan dijumpai sepanjang perjalanan hingga sampai di Kota Badar yang berjarak sekitar 150 km dari Madinah.

Setibanya di Kota Badar, pengunjung akan melihat makam para syuhada dan tugu bertuliskan nama-nama para Sahabat Rasulullah yang gugur dalam Perang Badar. Seakan ada pesan tersirat yang hendak disampaikan, bahwa menyiarkan Agama Islam pada masa Rasulullah butuh pengorbanan dan perjuangan yang tidak mudah.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Dikisahkan Kepala Daerah Kerja Madinah, Zaenal Muttaqin, bahwa di masa lampau, Rasulullah SAW memilih jalan perang semata-mata demi menjaga umat Islam di Madinah dari serangan kaum kafir Quraisy Mekkah. Perang Badar pun tak bisa dihindari.

Dalam peperangan ini, jumlah pasukan kedua belah pihak tidaklah seimbang. Pasukan kafir Quraisy begitu banyak, tiga kali lipat dari pasukan kaum muslimin. Namun, kondisi itu tak sedikitpun menggetarkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Halaman Selanjutnya
img_title