Mengenal Lebih Dekat Musik Tong Tong Khas Madura

Musik Tong Tong Khas Madura
Sumber :
  • Istimewa

Jatim –Pulau Madura memang kaya dengan beragam budaya, tradisi dan kearifan lokal, termasuk musik. Salah satu music lokal yang terkenal di kalangan masyarakat Madura adalah musik tong tong.

Menjaga Tradisi Lebaran, Anies Baswedan Silaturahmi ke Cak Imin

Dilansir dari berbagai sumber, pada awalnya musik tong tong Madura hanya terbuat dari bambu tradisional yang biasa dibunyikan saat bulan Ramadhan tiba untuk membangunkan orang yang akan sahur. Mereka biasanya berkelompok. 

Dari tangan  para pemusik Tong-Tong yang notabene hanya seperangkat alat musik terbuat dari bambu, bisa diracik untuk menghasilkan bunyi-bunyian seperti alat-alat musik modern. Musik tong-tong adalah salah satu aliran seni musik lokal

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

Tong-tong dalam konteks saat ini, tidak bisa dilihat hanya sekedar seperangkat alat musik lokal yang apa adanya, tapi diakui ataupun tidak, tong-tong telah mampu menjadi ikon seni musik yang tumbuh dan berkembang dari kondisi lokal. 

Musik tong-tong adalah kreatifitas masyarakat lokal yang disemangati oleh komitmen untuk memberdayakan dan menyelaraskan seni musik lokal dengan perkembangan alat musik modern. Kehadiran musik Tong-Tong tidak hanya sekedar menjadi pelengkap dalam dunia seni musik, tetapi telah menjadi ikon baru dalam perkembangan seni musik kekinian.

Tradisi Malem Selawe: Acara Rutin Peninggalan Sunan Giri untuk Mendapat Berkah Lailatul Qadar

Modifikasi alunan musik dan link lagu yang seringkali ditampilkan dalam musik tong-tong, tidak hanya menyajikan lagu-lagu dengan nilai lokal, tetapi juga mampu diracik dengan lagu-lagu yang tercipta abad ini, sehingga musik tong-tong tampak lebih menjadi aliran musik yang serba bisa, terutama ketika harus memunculkan identitas sebagai aliran tradisi seni musik yang diformulasi dengan kekayaan lokal.

Bangkitnya musik tong-tong bukan hanya telah mampu menjadi tradisi seni dengan kekuataan lokal yang sangat kental, tetapi juga telah mampu menjadi ikon baru yang harus diapresiasi dengan maksimal. Kehadiran musik tong-tong adalah perwujudan kebudayaan dan warisan lokal yang sangat bernilai. 

Halaman Selanjutnya
img_title