Paduan Sempurna Rujak Bakso, Kuliner Unik saat Berlibur ke Sumenep

Berburu Rujak Bakso di Sumenep
Sumber :
  • IDZ Creator Community

Sumenep, VIVA Jatim – Berkunjung ke Sumenep, belum afdal rasanya bila melewatkan kesempatan mencicipi kuliner unik rujak bakso. Ya, paduan sempurna dua jenis makanan ini adalah kreasi yang menggugah lidah. Kreasi kuliner yang satu ini hanya bisa dijumpai di daerah berjuluk Kota Keris itu.

Sekolah Gerakan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

Sesuai namanya, rujak bakso, merupakan gabungan dua kuliner yang dinikmati bersamaan dalam satu mangkok. Sebelum disajikan kepada pembeli, biasanya penjual membaluri bakso dengan lontong, sayur, acar timun dan kuah rujak kacang khas Madura.

Tak cukup sampai di situ, ragam toping ditambahkan agar tampilan dan rasanya lebih nikmat. Seperti tahu bakso, mi kriting, pangsit ayam plus tomat kecap. Terakhir, taburan bawang goreng dan sambal pedas mampu menambah daya ledak di lidah para pengunjung.

Liburan ke Pantai Midodaren Tulungagung, Ada Penginapan Estetik hingga Scooter Listrik

Perpaduan sempurna itu mampu menghadirkan cita rasa berbeda. Gurih, asam, manis, segar, dan tentunya pedas berpadu dalam satu kunyahan lidah. Sangat cocok dinikmati kala terik matahari, berteduh melepas penat usai menjajaki destinasi wisata yang ada di Sumenep.

Salah satu penjual rujak bakso yang tak sepi pengunjung adalah warung Amanah, terletak di Desa Banjar Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Warung legendaris yang satu ini buka sejak 21 tahun yang lalu.

7 Pantai Sepanjang JLS Tulungagung-Trenggalek, Cocok untuk Liburan Keluarga Akhir Tahun

Buhaena, pemilik warung Amanah mengaku, kreasi rujak bakso tercipta dari ketidaksengajaan. Suatu ketika, beberapa pegawai Puskesmas setempat yang merupakan pelanggan tetapnya datang untuk menikmati rujaknya. Namun karena ketersediaan bahan kebetulan kurang, ia menyiasati dengan mencampurkan bakso.

"Awalnya ada pegawai Puskesmas Gapura datang mau beli rujak. Tapi kebetulan waktu itu bahan-bahan yang ada kurang lengkap. Lalu saya tawarkan untuk digantinya dengan tambahan bakso," ujarnya kepada Viva Jatim, Sabtu, 24 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title