Sekolah Gerakan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

Sekolah Gerakan Lakpesdam NU Sumenep dan Fakta Foundation
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Sumenep menggelar Sekolah Gerakan di Fathimah International Elementary School, Kecamatan Manding, Sumenep, Kamis hingga Ahad, 18-21 Januari 2024.

Mak Ganjar Jatim Buka Pelatihan Ecoprint di Sumenep, Ajari Membatik Menggunakan Daun

Sekretaris Lakpesdam NU Sumenep, Nurus Syamsi mengatakan bahwa acara yang menggandeng Fakta Foundation itu dalam rangka meningkatkan kapasitas internal kelembagaan di aspek gerakan. Gerakan yang dimaksud yakni advokasi kebijakan publik, khususnya di ranah anggaran.

"Karenanya kami usung tema Membangun Kesadaran Kritis Generasi Milenial terhadap Isu Sosial. Diikuti oleh pengurus dan kader internal Lakpesdam NU Sumenep dan Fakta Foundation," ungkapnya kepada Viva Jatim, Jumat, 19 Januari 2024.

Dalami Suara Misterius di Perut Bumi Sumenep, BMKG Pasang Alat Khusus

Lebih jauh, lanjut Syamsi, acara tersebut juga dimaksudkan agar tercipta kader yang terkonsolidasi secara sistematis dalam gerakan advokasi kebijakan anggaran di Kabupaten Sumenep. Sebab, menurutnya, sejauh ini masih belum berpijak kepada kepentingan rakyat dan tidak transparan.

"Sejauh ini kebijakan pemerintah yang tergambar dalam kebijakan anggaran, dalam hal ini APBD Sumenep, dalam tiga tahun terakhir belum sepenuhnya pro rakyat dan belum transparan," tambahnya.

Pakar Geologi Sebut 2 Kemungkinan Penyebab Suara Misterius di Perut Bumi Sumenep

Sekolah Gerakan ini, lanjut Syamsi, menghadirkan beberapa pemateri yang ahli di bidangnya. Di antaranya, Ketua Bawaslu Jawa Timur A Warits, Manajer NU Online Jawa Timur Moch Rofi'i Boenawi, dan Koordinator Lembaga Fitra Jawa Timur Dahlan.

"Adapun materinya, antara lain Media dan Opini Publik, Teknik dan Strategi Advokasi, dan Analisis Anggaran," tandasnya.