Mak Ganjar Jatim Buka Pelatihan Ecoprint di Sumenep, Ajari Membatik Menggunakan Daun

Mak Ganjar gelar pelatihan ecoprint
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Sumenep, VIVA Jatim – Emak-emak di Desa Ketawang Laok, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Jatim, mengikuti pelatihan ecoprint dengan teknik pounding pada Kamis 28 September 2023. Acara tersebut diadakan oleh Sukarelawan Mak Ganjar Jawa Timur (Jatim). 

Pemilu Berjalan Damai, Pilar 08: Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

Adapun ecoprint sendiri adalah teknik membuat motif batik dengan memanfaatkan dedaunan yang ditempelkan pada kain basah sehingga membentuk corak warna alami dengan tekstur yang unik dan menarik.

Sedangkan teknik pounding merupakan metode bagaimana menempelkan motif daun atau bunga ke atas kain dengan cara memukulkan palu di atas susunan daun tersebut. 

Milenial di Sumenep Terpikat Gagasan Ganjar: Solusi Perbaikan Indonesia

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan bisa mengedukasi dan menambah keterampilan emak-emak di Sumenep akan cara membatik yang unik namun ramah lingkungan. 

"Kami menambah skill pada emak-emak dengan menambahkan pelatihan ecoprint yang sekarang sedang booming dengan teknik pounding," kata Hariza. 

Beragam Fest Sukses Terlaksana, Upaya Relawan Ganjar-Mahfud Bojonegoro Gaet Pendukung

Dia mengatakan, pelatihan tersebut diikuti sedikitnya 100 emak-emak dari berbagai wilayah di Sumenep. Mereka pun tampak antusias saat mencoba mencetak batik dengan warna alami daun yang mereka pukul. 

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa alasan pihaknya memilih ecoprint, adalah karena Pulau Madura yang sudah terkenal akan batiknya. Ecoprint pun menjadi teknik membatik baru yang bisa dikenalkan kepada warga Sumenep. 

Halaman Selanjutnya
img_title