Pakar Geologi Sebut 2 Kemungkinan Penyebab Suara Misterius di Perut Bumi Sumenep

Tangkapan layar saat pihak kepolisian mendatangi lokasi kejadian
Sumber :
  • Tangkapan layar video

Surabaya, VIVA Jatim – Pakar geologi dari Ikatan Geologi Indonesia, Handoko Teguh Wibowo, menyebut ada dua kemungkinan penyebab terjadinya suara misterius di dalam perut bumi yang membuat geger warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, pada Sabtu, 12 Agustus 2023. 

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Pertama, karena adanya pergerakan patahan sesar yang terjadi akibat tekanan gaya tekan kerak bumi. "Bisa jadi pergerakan patahan sesar, itu bisa," kata Teguh kepada VIVA Jatim, Minggu, 13 Agustus 2023.

Kedua, lanjut Teguh, bisa jadi penyebabnya akibat runtuhan yang terjadi di bawah permukaan bumi. Menurunya, bentang alam di Pulau Madura merupakan topografi karst, yakni bentang alam yang terdiri dari susunan batu gamping yang rawan runtuh.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

"Jadi besar kemungkinan di bawah (permukaan tanah) ada alur-alur sungai atau goa-goa di bawah yang runtuh," ujar Teguh.

Namun, dia menegaskan itu hanya dugaan saja. Untuk memastikan apa penyebabnya perlu dilakukan pengamatan dan observasi di lokasi kejadian.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

"Kita tahu kan kalau pegunungan kapur di rongga-rongganya itu pasti terisi air. Nah, kalau terkena air terus-menerus akan terjadi tumbukan. Batu kapur mudah sekali larut kena air," beber Teguh.

Untuk itu ia mengingatkan, apabila analisanya benar, maka kejadian tersebut harus menjadi peringatan bersama agar berhati-hati ketika tinggal di sana.

Halaman Selanjutnya
img_title