Kekuatan Militer RI Ditakuti 7 Negara di Dunia, Ada Israel dan Belanda

Jokowi saat hadiri KTT OKI di Riyadh Arab Saudi
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –Meski memiliki sejarah kelam di masa lalu, menjadi salah satu negara yang dijajah paling lama, namun Indonesia kini memiliki kekuatan militer yang sangat diperhitungkan oleh banyak negara. Masa lalu kelam itu rupanya menjadi pelajaran berharga betapa pentingnya membangun kekuatan teritorial. 

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Bahkan, sejumlah negara disebut-sebut takut dengan kekuatan militer Indonesia. Sebab Indonesia menjadi negara yang besar dan populasi penduduk yang banyak sehingga menjadikan negara satu ini masuk ke dalam daftar negara yang disegani di dunia.

Bahkan, sejumlah negara di dunia dicap takut dengan kekuatan Indonesia. Hal ini karena Indonesia memiliki perekonomian yang cukup stabil. Sedangkan di bidang militer, kekuatan Indonesia juga tak bisa diremehkan begitu saja.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 24 November 2023, dalam peringkat militer dunia 2023 yang dikeluarkan oleh Global Firepower, Indonesia berada di urutan ke-13 dari 145 negara dan di Asia Tenggara di urutan pertama. Bukan hanya dari sisi alutsista, Indonesia juga memiliki pasukan elit khusus.

Pasukan tersebut terdiri atas Kopassus di TNI Angkatan Darat, Kopaska di TNI Angkatan Laut, dan Kopasgat di TNI Angkatan Udara. Dengan kepemilikan tersebut, sejumlah negara merasa segan dengan Indonesia. Nah, berikut ulasan selengkapnya.

Kata Shin Tae-yong saat Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

1. Malaysia

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Malaysia memang kerap terjadi pasang surut yang diakibatkan oleh klaim mengklaim. Walaupun demikian, kedua negara ini menjalin hubungan baik. Sementara itu, jika dilihat dari sisi militer yang dimiliki Indonesia, kekuatan militer Malaysia ini berada jauh di posisi bawah.

Halaman Selanjutnya
img_title