Mengenal Aneka Tradisi Unik Hari Natal Khas Indonesia, Kental akan Sejarah

Pohon Natal
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sebagai negara yang memiliki ragam tradisi dan budaya, Indonesia selalu muncul dengan aneka tampilan yang unik dan mempesona di setiap hari-hari bersejarah. Semua itu, karena masyarakatnya memiliki latar belakang adat istiadat yang berbeda-beda. 

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Banyak tradisi unik yang bisa ditemukan di Indonesia, utamanya saat perayaan Hari Natal. Masing-masing daerah memiliki karakter dan ciri khas yang unik nan mempesona.

Penuh dengan tradisi, musim perayaan adalah saat dimana masyarakat berkumpul, memadukan adat istiadat setempat dengan semangat universal yaitu kegembiraan dan niat baik. 

Menjaga Tradisi Lebaran, Anies Baswedan Silaturahmi ke Cak Imin

Dari ramainya jalanan di Jakarta, tradisi unik di Sumatera Utara hingga desa-desa yang tenang di Bali, kehangatan Natal sangat terasa dengan beberapa tradisi nusantara berikut ini, dikutip dari VIVA, Selasa, 26 Desember 2023.

1. Rabo-Rabo (Jakarta)

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

Di balik kota Metropolitan yang terkenal dengan gaya hidup modern, Jakarta memiliki tradisi Natal yang terkenal unik dan masih dilestarikan sampai sekarang, yakni Rabo-Rabo.

Tradisi Rabo-Rabo bisa ditemukan di Kampung Tugu, Kawasan Cilincing, Jakarta Utara. Kawasan ini disinggahi sekelompok pemeluk agama Kristen keturunan Portugis.

Halaman Selanjutnya
img_title