Tips agar KPPS Mudah dan Cepat Selesaikan Tugas di Pemilu 2024

Ilustrasi KPPS di TPS
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Tugas berat dan menumpuk tak lama lagi akan diemban oleh pejuang demokrasi di tingkat akar rumput. Mereka adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang melaksanakan tugas kepemiluan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Pekerjaan berat dan menumpuk itu lantaran Pemilu Tahun 2024 ini memuat 5 jenis pemilihan. Di antaranya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Karenanya Badan AD HOC yang dibentuk KPU ini harus betul-betul mencermati aneka tugas dan kewajiban yang harus diselesaikan dengan baik. Untuk itu, berikut ini tips yang bisa dilakukan oleh Anggota KPPS agar cepat dan mudah menyelesaikan tugas-tugas kepemiluan, namun tetap cermat dan teliti sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Dikutip dari akun TikTok @ppsdesapengulu, berikut ini 8 tips yang perlu dilakukan KPPS agar tidak sampai berlarut-larut mengerjakan tugas kepemiluan.

1. Fokus mendengarkan dan memahami saat diberi BIMTEK oleh PPK / PPS

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diberikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) merupakan tahapan pemilu yang dilakukan guna membekali pengetahuan KPPS dalam kerja-kerja kepemiluan. Mulai dari pemungutan, penghitungan, hingga rekapitulasi hasil penghitungan melalui Sirekap. Setiap anggota KPPS penting untuk menyimak dan memahami dengan baik agar memiliki pengetahuan yang utuh dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa berlarut-larut. 

2. Hitung Jumlah DPT Awal

Halaman Selanjutnya
img_title