Bagaimana Cara Menasehati Anak Laki-laki agar Didengar?

Ilustrasi Ibu dan Anak
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim - Dokter sekaligus praktisi neuroparenting, dr. Aisah Dahlan mengatakan jika naluri seorang pria tidak suka kontak mata dengan wanita. Maka lebih baik, tidak menasihati anak laki-laki dengan saling tatap-tatapan.

Viral Biarawati Jualan Takjil, Netizen: Indonesiaku dalam Keberagaman

“Ibu kalau punya anak laki-laki karena laki-laki tidak suka kontak mata tidak usah nasehati anak laki-laki tatap-tatapan,” ujarnya dikutip dari potongan video yang diunggah di akun TikTok @UNGKAPIN. 

Lebih lanjut diungkap dr. Aisah Dahlan mengungkapkan dahulu dirinya juga sempat merasakan seperti yang umum dirasakan ibu-ibu lainnya ketika menasihati anak laki-laki. Saat menasihati anak laki-lakinya, dr. Aisah Dahlan melihat putranya seperti cuek.

Luar Biasa, Orang Kaya di Malang Ini Bagi-bagi Uang Rp50 Ribu Setiap Hari Usai Tarawih

“Saya sering melihat ibu-ibu (seperti itu), termasuk saya. Mau menasihati lanang (anak laki-laki dr. Aisha). ‘Lanang ibu mau bicara’ pas dia liat saya matanya dia begini gayanya bu (gelengkan kepala sambil memutar badan seolah cuek). Ibunya marah kan? ‘Yang sopan kalau bicara sama ibu, liat muka ibu nak’ pas dia liat, saya liat lagi (anaknya masih bertingkah seperti itu),” jelasnya

Setelah memahami ilmu tentang parenting, dr. Aisah Dahlan menjelaskan bahwa sikap atau tingkah anak laki-laki yang seperti itu bukan berarti mereka membangkang. Melainkan katanya lantaran anak laki-laki tidak kuat menatap mata seorang ibu.

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

“Bukan dia mau membangkang, dia tidak kuat tatap mata. Maka kalau kita mau bicara sama anak laki-laki, dan kita berharap anak laki-laki melihat kita. Kita tunduk, kita ambil kertas tulis. Dia pasti liat kita nulis,” kata dia.  

Lebih lanjut, ketika sedang menasihati anak laki-laki katanya, langsung saja. Namun perhatikan ketika menasihati anak laki-laki ibu harus berbicara dengan topik yang ingin dibicarakan tidak boleh berganti-ganti topik.

Halaman Selanjutnya
img_title