Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Pahala Puasa Ramadan Hilang

Ilustrasi orang berdoa
Sumber :
  • U-Report/Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Bulan Suci Ramadan adalah satu kesempatan penting bagi umat Islam untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karenanya, berbagai amal ibadah selain puasa wajib dilakukan. Seperti tadarus Al-Qur'an, rajin bersedekah, dan sebagainya.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Namun tak banyak disadari bahwa beberapa perilaku ini selain berdosa, juga bisa menyebabkan pahala puasa Ramadan terhapus dengan sendirinya. Bahkan bisa-bisa membatalkan ibadah puasa itu sendiri.

Sangat penting untuk memperhatikan hal-hal yang dapat menghapus pahala puasa Ramadhan karena ini menentukan kualitas ibadah ini di hadapan Allah Swt, dilansir dari VIVA, Selasa, 12 Maret 2024:

Usai Puasa dan Lebaran, Waktunya Cobain Gaya Seks Baru!

1. Ghibah

Menghina orang lain adalah salah satu alasan pahala puasa Ramadhan seseorang akan dihapus. Jika di luar bulan Ramadhan saja tidak baik, apalagi menggunjing selama puasa di bulan suci ini. Oleh karena itu, setiap orang yang menjalankan puasa harus menyadari hal ini agar mereka dapat berhati-hati dalam menjaga lisan mereka.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Salah satu organ manusia yang paling banyak mendatangkan dosa adalah lisan, yang jika kita tidak berhati-hati dapat menyebabkan banyak dosa.

2. Menjaga Anggota Badan Dari Tindakan Buruk

Halaman Selanjutnya
img_title