Ahli Gizi Ungkap Cara Bijak Memilih Menu Terbaik saat Sahur dan Buka Puasa

Ilustrasi Ngabuburit dan Bazar Takjil Ramadhan
Sumber :
  • Viva.com

Surabaya, VIVA Jatim – Hari ini adalah hari pertama umat Islam di Indonesia menunaikan ibadah puasa Ramadan. Berbagai referensi dan pengetahuan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan stabilitas tubuh. Sehingga aktivitas maupun rutinitas tidak terganggu dan ibadah pun menjadi lancar. 

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Salah satu upaya menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama bulan Ramadan yakni bijak memilih menu makanan saat sahur dan buka puasa. Penting mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur supaya rasa lapar di siang hari bisa dikurangi.

"Guna memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi tubuh saat berpuasa selama Ramadan, Anda harus mengonsumsi makanan kaya protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral, serta pastikan untuk minum air putih yang cukup," tutur ahli gizi Ismet Tamer, dikutip dari VIVA, Selasa, 12 Maret 2024.

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Ia menyarankan agar menu sahur terdiri dari makanan yang ringan, sehat, dan mengenyangkan.

"Sebelum Matahari terbit, Anda sebaiknya mengonsumsi produk susu dan sayuran segar seperti keju, telur, tomat, dan mentimun. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sup, sayuran yang dimasak dengan minyak zaitun, dan buah-buahan," ujarnya.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Ahli gizi Bridget Belam menyarankan agar mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur, terutama jenis gandum utuh. Karbohidrat kompleks mendukung pelepasan energi yang lamban sehingga Anda bisa merasa lebih kenyang sepanjang hari.

“Jadi, makanan seperti gandum, roti gandum utuh, dan sereal adalah pilihan yang tepat untuk sahur,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title