Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Gubernur Khofifah di Taman Nasional Bromo
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Mengenalkan nilai-nilai agama Islam sejak dini sangat penting dilakukan oleh orang tua. Hal demikian sebagai salah satu upaya menanamkan karakter positif kepada si buah hati. Agar kelak menjadi pribadi yang bertakwa dan berbudi luhur. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Eks Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan tips bagi orang tua agar anak-anaknya dikenalkan terhadap pengetahuan agama sejak dini. Salah satunya yakni dengan mengajari salat dan sering mengajak ke masjid-masjid.

“Diberi saja ruang untuk anak-anak, biarkan mereka menikmati suasana masjid. Agar mereka terbiasa sejak dini bahwa masjid adalah tempat mereka,” ujarnya saat program Tabuh Maghrib yang digelar di Aula KH Bisri Syansuri lantai 1 Gedung PWNU Jatim, Jumat, 16 Maret 2024.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU itu mengaku tidak setuju bila ada larangan membawa anak ke masjid. Ia pun berharap agar takmir masjid dapat memberikan ruang untuk anak-anak. Menurutnya, saat ini sudah banyak PAUD dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) berbasis masjid.

“Ini akan membuahkan dampak positif anak menjadi kenal dengan dunia masjid dengan tidak mengganggu masyarakat yang beribadah. Hal tersebut adalah pola-pola untuk mengenalkan anak kepada Allah dan syariat Islam,” tuturnya.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Khofifah Indar Parawansa di Program Tabuh Maghrib PWNU Jatim

Photo :
  • Media Center PWNU Jawa Timur

Pengenalan pengetahuan keagamaan terhadap anak sejak dini itu penting untuk merangsang saraf motorik dan sensorik menjadi lebih baik. Ia pun mengutip perkataan Ali bin Abi Thalib, bahwa saat anak usia tujuh sampai 14 tahun mulai diajarkan, dibiasakan dengan sopan santun.

Halaman Selanjutnya
img_title