Cegah Gangguan Jin, Begini Cara Rukiah Mandiri Menurut Syariat Islam

Ilustrasi orang berdoa
Sumber :
  • U-Report/Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Gangguan jin dan setan kerap mengintai kehidupan manusia. Gangguan tersebut bisa berupa apa saja, mulai dari penyakit fisik hingga penyakit kejiwaan. Dalam konteks ini, tentu tak bisa diselesaikan dengan pengobatan medis. Perlu ada penanganan khusus seperti halnya rukiah.

Teguhkan Iman, Waspada Berbagai Fitnah Dajal di Akhir Zaman

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 30 Maret 2024, Rukiah atau Ruqyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa yang dikhususkan kepada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

Dalam Islam, dikenal dua macam rukiah yaitu rukiah syariyyah dan rukiah syirkiyyah. Syariyyah yaitu rukiah yang benar sesuai syariat Islam, sementara syirkiyyah yaitu rukiah yang dapat membawa kepada kesyirikan.

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

Umumnya, kita mengetahui, rukiah dilakukan oleh profesional seperti ustaz atau ahli rukiah yang mengerti metode penerapannya. Tapi sebetulnya, rukiah bisa dilakukan secara mandiri.

Untuk itu, berikut ini cara merukuah mandiri sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Zakat Jadi Solusi Berantas Kemiskinan dan Tingkatkan Kepedulian Sosial

1. Baca Doa Rukiah Mandiri

Awali dengan membaca taawudz: Audzu billahi minas syaitonir rojim. Allahumma inni audzubika minas syaithanirrajim min hamazihi wanafkhihi wanafatsih.

Halaman Selanjutnya
img_title