Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Ilustrasi anak main gadget
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Pembentukan karakter seorang anak tidak hanya ditentukan oleh didikan orangtua. Lebih dari itu, pergaulan yang bebas juga berdampak besar bagi pembentukan karakter mereka. Apalagi di era modern saat ini, dimana teknologi dan informasi memudahkan interaksi dengan pihak manapun. 

Jaga Kesehatan Anak, Ini 5 Cara Pilih Camilan yang Baik dan Bergizi

Kemudahan akses terhadap informasi dan dunia luar melalui internet dan media sosial, membuka peluang bagi anak untuk terpapar dengan berbagai budaya dan nilai-nilai baru.

Namun, di sisi lain, kemudahan akses ini juga dapat membawa dampak negatif, salah satunya pergaulan bebas, yang merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur, seperti mengonsumsi narkoba, minuman keras, merokok, seks bebas dan tindakan kriminal lainnya.

3 Srikandi Freeport Berbagi Tips Kerja dan Keluarga saat Peringati Hari Kartini

Pergaulan bebas dapat membawa dampak yang sangat berbahaya bagi anak-anak, baik secara fisik, mental maupun sosial. Salah satu dampak fisiknya berupa kerusakan organ tubuh hingga kehamilan di luar nikah.

Sedangkan untuk dampak mentalnya, dapat berupa depresi, kecemasan dan trauma. Selanjutnya, dampak sosial, dapat berupa terputusnya hubungan dengan keluarga, teman, dikeluarkan dari sekolah atau bahkan terjerumus ke dalam dunia kriminal.

Masa Orientasi CPNS 2024, Begini Harapan Kakanwil Kemenkumham Jatim

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua, guru dan masyarakat untuk mewaspadai pergaulan bebas anak dan mengambil langkah-langkah pencegahan. 

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan, dikutip dari VIVA, Kamis, 25 April 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title