Tips Mendidik Anak di Era Milenial

Tips Mendidik Anak di Era Milenial
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Keluarga adalah madrasah atau sekolah pertama bagi anak. Istilah tersebut secara empiris telah membuktikan bahwa kondisi dalam rumah tangga sangat mempengaruhi mental dan karakter serta sikap seorang anak. 

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Di sinilah pentingnya peran keluarga untuk selalu hadir untuk anak. Tentu dalam rangka mendidik dan menanamkan karakter yang baik sebagai fondasi. Apalagi menghadapi era milenial yang jauh lebih kompleks, membuat orangtua harus ekstra hati-hati dalam mendidik. Agar tak memberikan dampak buruk terhadap perilaku, karakter dan kebiasaan anak.

Dosen Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk Sumenep, Dr Fathur Rosyid menjelaskan beberapa cara mendidik anak yang bisa dilakukan orangtua di era milenial ini. 

Ahli Parenting Ungkap Pola Asuh Anak agar Tak Jadi Korban atau Pelaku Bullying

Tips tersebut disarikan Dr Fathur Rosyid dari kitab Kaifa Turab Abna’ak fi Hadzaz Zaman (Tips Efektif Mendidik Anak Milenial) yang disebarkan di akun media sosial pribadinya. 

Jangan Pernah Cuekin Anak

Gus Sadad Gelar Tadarus Politik Milenial Lagi: Tanggung Jawab Siapkan Pemimpin

Orangtua hendaknya memberikan perhatian penuh kepada seorang anak. Tidak hanya dalam materi saja, tetapi yang tak kalah penting adalah selalu setia mendengar keluh kesar dan curhatan anak. 

“Jika bocilmu (bocah cilik) curhat tentang peristiwa atau insiden yang dialami di sekolahnya, jangan dicuekin. Jangan abaikan dan simak baik-baik perkataan dan ceritanya. Jangan malah sibuk putar radio, nonton televisi atau main handphone,” kata pria yang akrab disapa Dr Ochid. 

Halaman Selanjutnya
img_title