Mengenal Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim Sang Bapak Aljabar

Patung Al-Khawarizmi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Abu Ja'far Muḥammad bin Musa al-Khwarizmi adalah satu di antara ilmuwan muslim yang menjadi lentera disiplin keilmuan dunia. Ia dikenal sebagai seorang matematikawan Muslim yang menulis angka Hindu-Arab. Bahkan Al-Khawarizmi juga dijuluki sebagai Bapak Aljabar

Mengenal Al-Jazari, Ilmuwan Muslim yang Dijuluki Bapak Robotika

Bapak Aljabar disematkan kepada Al-Khawarizmi karena ia adalah sosok penemu operasi Aljabar dalam ilmu matematika. Hisab al-Jabr wal-Muqabala adalah risalah karyanya yang disebut-sebut sebagai perumus pertama teori Aljabar. 

Bahkan sosok Al-Khawarizmi juga dikenal sebagai salah satu pemikir Islam paling berpengaruh sepanjang masa. Ia telah menorehkan sejarah dalam peradaban dunia yakni dengan merevolusi Aljabar dan karya seni dalam matematika, astronomi dan geografi. Hal itu menjadi rujukan para ilmuwan setelahnya hingga saat ini.

Pj Gubernur Jatim Tanggapi Polemik Warung Madura di Bali : Ekonomi Sekarang 24 Jam

Di masa kejayaannya, Al-Khawarizmi tinggal di Baghdad, Irak. Bekerja di Rumah Kebijaksanaan (Darul Hikmah) yang kala itu berada di bawah kekhalifahan al-Ma’mun. Di situlah ia menemukan banyak inspirasi. Hingga mampu menerjemahkan risalah ilmiah dan filosofis, khususnya Bahasa Yunani. Ia lahir sekitar tahun 780 Masehi. 

Dilansir dari Viva Tekno pada Rabu 14 Desember 2022, konsep dasar tentang Aljabar karya Al-Khawarizmi termaktub dalam Kitab al-Mukhtasar fi Hisab al-Jabr wal-Muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing) yang kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Latin pada abad ke-12. Di situ kemudian dijabarkan tentang dari mana istilah Aljabar berasal.

Jurgen Klopp Kecewa Liverpool hanya Bermain Imbang Melawan West Ham United

Diketahui, Aljabar adalah kompilasi aturan bersama dengan demonstrasi untuk menemukan solusi persamaan linier dan kuadrat berdasarkan argument geometris intuitif. Pendekatannya yang sistematis dan demonstratif menjadikannya berbeda dari perlakuan objek sebelumnya. 

Dalam kitab karya Al-Khawarizmi itu juga menjelaskan tentang penghitungan luas dan volume bentuk geometris serta penggunaan Aljabar untuk menyelesaikan masalah warisan sesuai dengan proporsi yang ditentuan oleh hukum Islam. 

Halaman Selanjutnya
img_title