Belajar dari Kasus Babysitter di Surabaya, Ini Efek Samping Obat Penggemuk

Ilustrasi Bayi
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Aksi nekat seorang babysitter di Surabaya yang tega mencekokti batita obat penggemuk menjadi perhatian banyak pihak. Akibat tindakan itu, sang pelaku telah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak berwajib.  

Respon Ketua DPRD Lamongan Terkait Dugaan Skandal Video Syur Anggotanya

Terkait hal tersebut banyak yang menyoroti seberapa berbahaya pemberian obat penggemuk untuk anak usia di bawah tiga tahun?

Dilansir dari VIVA, Selasa 15 Oktober 2024, menurut sejumlah ahli, konsumsi obat penambah berat badan untuk orang dewasa saja bisa mendatangkan resiko, meskipun ada juga orang dewasa yang efektif saat mengonsumsinya.

Awal Mula Bayi 2 Tahun Dicekoki Obat Penggemuk oleh Baby Sitter di Surabaya

Fokus pada cara alami dan sehat untuk menaikan berat badan sangat dianjurkan. Sebelum membeli pil penambah berat badan, pastikan seseorang mengetahui apa saja isinya, bagaimana cara penggunaannya, dan risiko yang bisa ditimbulkan.

Pil atau obat penambah berat badan mencakup suplemen yang dijual bebas dan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Meski ada yang aman, namun produk yang dijual bebas sebagian besar tidak diatur dan seringkali tidak didukung oleh bukti ilmiah.

PMII Demo Ketua-Wakil Ketua DPRD Sumenep, Desak Minta Maaf dan Usut Ijazah Palsu

Pil penambah berat badan yang diresepkan dokter mencakup anabolic steroids. Penyedia layanan kesehatan mungkin akan mempertimbangkan obat steroids jika ada pasien yang mengalami penurunan berat badan yang signifikan dan kekurangan berat badan akibat suatu penyakit, seperti kanker atau distrofi otot.

Namun perlu dipahami, penggunaan anabolic steroids yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, beberapa di antaranya serius. Sangat penting untuk mengonsumsi anabolic steroids di bawah pengawasan dokter.

Halaman Selanjutnya
img_title