Ingin Naik Jabatan? Lakukan 6 Langkah Ini agar Karier makin Moncer

Ilustrasi Wanita Karier
Sumber :
  • Majalah Nabawi

Surabaya, VIVA Jatim – Sebagai pekerja atau karyawan, ingin naik jabatan, karier makin mentereng bahkan gaji juga naik, sudah menjadi rahasia umum. Pengembangan karier dibutuhkan dan dikejar-kejar, selain berdampak positif pada integritas diri juga pada kesejahteraan keluarga. 

Renungan Penting Bagi Karyawan di Momen Hari Buruh agar Karier kian Mentereng

Kendati begitu, untuk bisa naik jabatan atau karier mentereng tidaklahn mudah. Butuh konsistensi, keberanian, dan disiplin. Meski tidak mudah untuk mencapainya, namun bisa dilakukan dengan menerapkan 6 langkah berikut ini. Dikutip dari VIVA, Kamis, 1 Mei 2025. 

1. Pahami Struktur dan Jalur Karier di Perusahaan

Waspada! Begini Cara Hindari Penipuan soal Lowongan Kerja ke Luar Negeri

Langkah pertama untuk mengembangkan karier di tempat kerja saat ini adalah dengan memahami struktur organisasi dan peluang yang tersedia. Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda terkait promosi.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali jenjang karier yang berlaku dan menanyakan informasi ini secara langsung kepada atasan atau pihak HR. 

8.394 Karyawan di Jawa Timur Terdampak PHK, Nganjuk dan Pasuruan Tertinggi

Selain itu, amati bagaimana rekan kerja Anda yang lain bisa naik jabatan—apa yang mereka lakukan, proyek apa yang mereka pegang, dan nilai apa yang mereka tunjukkan.

2. Bangun Reputasi Lewat Kinerja Konsisten

Reputasi profesional tidak dibangun dalam semalam. Karyawan yang ingin berkembang perlu menunjukkan kinerja konsisten dalam jangka panjang. Fokuslah pada kualitas pekerjaan, bukan sekadar menyelesaikan tugas sebanyak mungkin. 

Ambil tanggung jawab tambahan secara sukarela dan jadilah pribadi yang dapat diandalkan. Inisiatif dalam memecahkan masalah juga merupakan nilai tambah yang akan diperhatikan oleh atasan.

3. Kembangkan Soft Skill yang Dibutuhkan Pemimpin

Kemampuan teknis memang penting, tetapi soft skill seperti komunikasi, empati, dan kemampuan memimpin tim juga sangat menentukan dalam proses promosi.

Jika Anda belum mendapat peran manajerial, cobalah memimpin proyek kecil atau menjadi koordinator tim. Ini adalah cara efektif untuk menunjukkan kesiapan Anda dalam memegang peran lebih tinggi.

4. Gunakan Waktu Luang untuk Belajar

Investasi waktu di luar jam kerja untuk meningkatkan kompetensi adalah langkah bijak. Ikuti pelatihan, kursus online, atau seminar yang relevan dengan posisi Anda atau peran yang Anda incar. Hasil pembelajaran ini sebaiknya diaplikasikan langsung dalam pekerjaan, agar terlihat nyata kontribusinya.

5. Bangun Jaringan Internal Secara Elegan

Relasi yang baik dengan rekan kerja dari berbagai departemen dapat membuka banyak peluang. Terlibatlah dalam kegiatan nonformal kantor seperti panitia acara atau komunitas internal.

Dengan demikian, Anda dapat memperluas pengaruh secara alami, tanpa kesan “cari muka”.

6. Minta Feedback dan Tunjukkan Aspirasi

Jangan ragu untuk meminta umpan balik dari atasan secara berkala. Hal ini menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk berkembang. Selain itu, sampaikan aspirasi karier Anda secara strategis dalam sesi evaluasi kinerja.

Terkadang, perusahaan membutuhkan sinyal yang jelas bahwa seseorang siap mengambil tanggung jawab lebih besar.

Artikel ini telah tayang di VIVA.co.id dengan judul 6 Tips Karyawan Kembangkan Karier Tanpa Harus Resign, Diam-Diam Naik Jabatan!