Warga Muslim di Malang Sulap Rumahnya Mirip Klenteng Umat Konghucu 

Rumah dengan arsitektur China di Malang
Rumah dengan arsitektur China di Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Jatim – Sebuah rumah di Malang dibangung menggunakan gaya mirip dengan Klenteng umat Konghucu. Rumah tersebut milik Norhasim yang memulai mencicil ornament sejak tahun 1992. Inisiatif tersebut dimulai saat mengumpulkan buku bekas tentang Negeri Tirai Bambu. Berawal dari situlah dia ingin mengubah rumahnya seperti bangunan di Negeri China. 

Norhasim sangat berkeinginan mempunyai rumah dengan nuansa China, akhirnya pada tahun berikutnya ia mulai mengecat dan sebagainya. 

"Tahun 2000 akhirnya saya mulai ngebet (ingin). Dan baru bisa terlaksana 2006. Ini saya cat full seperti Klenteng selama 8 bulan,” ucap Norhasim, Rabu 18 Januari 2023.

"Unik dan nyeleneh sudah itu saja kepingin saya. Pada 2006 itu selama 8 bulan saya kerjakan sendiri siang dan malam. Jadi saya cetak gambar dulu motifnya bagaimana terus saya cat serupa dengan itu. Dan jadinya seperti ini, menyerupai Klenteng," tambahnya. 

Rumah yang beralamat di Jalan Sanan, gang 11, Kota Malang ini bermotif merah dan kuning serta dipenuhi ornamen khas sebuah Klenteng.

Pria dengan 4 anak dan 6 cucu ini mengaku jika alasan ia ingin mempunyai rumah dengan motif China karena ia menganggap kebudayaan Negeri Tirai Bambu ini memiliki seni yang indah. Jadi tekadnya tersebut murni karena seni. Meskipun sebagaimana diketahui bahwa Norhasim adalah seorang muslim.

“Ini rumah saya sendiri dan kami semua muslim beragama islam. Jadi murni karena seni," tutur Norhasim.