Hati-hati jika Nafsu Makan Meningkat, Mungkinkah Tanda Diabetes?

Nafsu Makan meningkat sebabkan Diabetes
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Spesialis penyakit dalam, dr. Virly Nanda SpPD-KGEH, mengatakan bahwa ketika tubuh mendadak mengalami peningkatan nafsu makan, patut diwaspadai tubuh mengalami diabetes. Sebab, diabetes terjadi lantaran tubuh tak mampu mengontrol kadar gula darah dan insulin sehingga muncul keinginan makan terus-menerus

4 Tips Agar Stamina Terjaga Sepanjang Ramadan

"Hati-hati sebenarnya karena peningkatan nafsu makan banyak tiba-tiba, jangan-jangan harus periksa ke dokter, ada masalah medis. Salah satunya diabetes. Kenapa tiba-tiba jadi nafsu makan terus. Diabetes biasanya disertai gejala lain tapi ya, nggak terus-terusan makan aja," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Kamis 16 Februari 2023.

Dalam tubuh, kata dokter Virly, ada hormon yang memicu pengendalian nafsu makan. Ketika diabetes terjadi, gula tinggi dalam darah sehingga memicu nafsu makan meningkat. Hormon yang memicu nafsu makan tersebut meningkat diiringi gejala lain seperti haus terus-menerus dan sering buang air kecil

Penderita Penyakit Lambung Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Kata Dokter Bahayanya Begini

"Itu gejala diabetes. Tapi banyak gejala lainnya. Gula tinggi di dalam darah jadi bawaannya pengen makan," tuturnya. 

Lebih dalam, keinginan nafsu makan yang meningkat itu juga bisa menjadi risiko munculnya penyakit gondok. Hormon yang terjadi saat penyakit gondok mengintai, merangsang nafsu makan meningkat sehingga tanpa sadar akan makan terus-menerus.

Hindari Anak dari Susu Berperisa, Bisa Kena Diabetes Sejak Kecil

"Kalau hormonnya tinggi, merangsang bawaannya pengen makan terus. Itu penyakit (gondok) yang membuat nafsu makan meningkat," ujarnya. 

Selain itu, nafsu makan yang meningkat juga bisa menjadi pertanda bahwa seorang perempuan kemungkinan besar sedang hamil. Tak hanya itu, ketika nafsu makan meningkat juga menjadi tanda tubuh sedang kekurangan cairan dan membutuhkannya segera.

Halaman Selanjutnya
img_title