Menuju Ramadan, Ini Tips Sehat Jalani Puasa bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi Buka Puasa
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Tidak lama lagi, umat Islam di seluruh dunia akan tiba pada satu waktu yang didalamnya diyakini penuh keberkahan dan keistimewaan. Ya, Bulan Ramadan kian dekat, tak kurang dari satu bulan. Berbeda halnya bagi mereka yang menderita penyakit tertentu, mungkin saja harus absen dari ibadah tahunan yang satu ini. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Kehadirannya yang sekali dalam satu tahun, membuat banyak umat Islam menantikannya. Selain untuk berpuasa, banyak peristiwa-peristiwa agung yang terjadi, seperti Nuzulul Quran. Sehingga kehadiran Ramadan merupakan satu kebahagiaan bagi umat Islam, baik yang dalam kondisi sehat, maupun yang sedang sakit, ingin segera sembuh sehingga bisa menjalani puasa dengan sempurna. 

Lantas, bagaimana orang yang menderita diabetes namun tetap ingin menjalankan puasa? Simak tipsnya berikut ini dilansir dari laman VIVA, Sabtu, 4 Maret 2023.

7 Langkah Jitu dan Mudah Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

Selama masa puasa, pola makan kamu mungkin sangat berbeda dibandingkan biasanya. Namun, penting untuk menjaga keseimbangan cara makan, termasuk makanan dari semua kelompok makanan, dan memperhatikan ukuran porsi.

Jika kamu menderita diabetes dan sedang berpuasa, ada baiknya memasukkan makanan yang lebih lambat diserap (yang memiliki indeks glikemik lebih rendah) tepat sebelum kamu memulai puasa.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Memilih jenis makanan ini akan membantu kamu kenyang dan menjaga kadar glukosa darah lebih merata selama puasa. Perhatikan juga ukuran porsi makanan yang mengandung karbohidrat. Buah-buahan, sayuran, dan salad juga harus disertakan.

Saat kamu berbuka puasa, sertakan hanya sedikit makanan manis dan berlemak, karena terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Gunakan lebih sedikit minyak dalam memasak dan cobalah memanggang, atau menggoreng makanan menggunakan wajan anti lengket.

Halaman Selanjutnya
img_title