Budi Daya Buah Tin Asal Timur Tengah di Mojokerto Gunakan Autopot

Pembudi daya buah tin di Mojokerto
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimBuah tin termasuk buah yang istimewa. Namanya disebutkan dalam Alquran yakni surat At Tin. Di Indonesia buah ini tergolong langka tapi memiliki banyak manfaat.

Water Guard, Inovasi Alat Pengairan Warga Mojokerto Ini Mudahkan Petani Hidroponik

Belum banyak yang tahu buah asal Timur Tengah ini bisa tumbuh di Indonesia. Yayan salah satu pembudi daya buah tin. Warga Dusun Joho, Desa Tempuran, Kacamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto ini baru memulai membudidayakan buah bernama latin Ficus Carica itu pada bulan November 2022 lalu.

Yayan bersama karyawannya, Anang Faisal membudidayan buah tin dengan cara green house. Menurut Faisal, buah tin memiliki banyak manfaat. Daun dan buahnya bisa digunakan untuk pengobatan. Seperti membantu melancarkan serta menyehatkan pencernaan, mengatasi maag, dan mengobati diabetes. Daun pohon tin juga bisa dimanfaat menjadi minuman teh.

Melihat Budidaya Buah Tin Asal Timur Tengah di Mojokerto Menggunakan Autopot

Mengenai perawatan, Faisal ini tidak merasa kesulitan. Selagi airnya cukup dan terkena sinar matahari buah tin akan tumbuh dengan baik.

“Perawatannya nggak sulit, airnya jangan kebanyakan dan harus kena sinar matahari yang cukup. Mengenai kondisi tanah saat proses tanam juga dikasih pupuk,” katanya kepada Viva Jatim, Kamis, 30 Maret 2023.

3 Jenis Olahraga Ala Rasulullah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Faisal juga pernah mendapati tanamannya terserang hama. Daun yang awalnya hijau berubah menjadi kering dan timbul bintik-bintik putih. Ia pun menyiasati dengan disemprot obat antihama.

“Pohonnya pernah hampir mati karena terserang hama. Akhirnya saya carikan obat antihama setelah disemprot selama satu minggu daunnya sudah tumbuh subur lagi. Karena kalau dibiarkan daunnya akan kering. Buahnya juga  akan timbul bintik-bintik coklat,” terangnya sambil menunjukkan contoh daun yang terserang hama di green housenya.

Halaman Selanjutnya
img_title