Ahli Psikolog Ulas Cara Ampuh Atasi Ketergantungan Anak pada Gadget

Tips Mendidik Anak di Era Milenial
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Salah satu yang menjadi persoalan dalam pola asuh anak saat ini adalah gadget. Mereka yang sudah kecanduan atau demam gadget, sulit dilepaskan. Ragam permainan yang dapat diakses dengan mudah, membuat anak enggan berinteraksi di kehidupan nyata.

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Dari aspek pertumbuhan anak, tentu kondisi semacam ini tidaklah baik. Sebab mereka tidak aktif secara fisik. Parahnya lagi, bisa mengganggu kesehatan mata si kecil bilamana dibiarkan begitu saja.

Titik persoalannya bukan hanya ada pada kondisi kesehatannya. Lebih dari itu juga anak yang terlanjur candu dengan gadget, mereka sulit dipisahkan. Meminta anak untuk berhenti bermain gadget tidaklah mudah. Bahkan, tak sedikit yang ngambek dan menangis ketika diminta untuk berhenti bermain ponsel.

Ahli Parenting Ungkap Pola Asuh Anak agar Tak Jadi Korban atau Pelaku Bullying

Dilansir dari VIVA, Sabtu, 1 April 2023, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan orangtua untuk mengatasi ketergantungan anak pada gadget. 

Ahli Psikolog Fanni Putri Diantina, M.Psi., mengatakan, pertama, orangtua harus menyediakan waktu bermain dengan anak-anak tanpa melibatkan gadget. Saat anak bermain, orangtua juga harus ikut bermain dengan anak dan menjauhkan gadget-nya.

Bagaimana Cara Menasehati Anak Laki-laki agar Didengar?

"Yang kedua sebenarnya ketika anak terlalu engage sama gadget, ketika kita minta mereka untuk melepaskan gadget-nya dan mereka menangis, itu kita harus agak tega," ujar Fanni saat konferensi pers 'Peluncuran Kampanye Timezone: Jadi Lebih Fun' di Summarecon Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, baru-baru ini.

"Jadi mereka nangis gapapa, tapi sebenarnya kita mengajarkan untuk disiplin. Dan sebenarnya ngobrol sih, ngobrol sama anak dan ngobrolnya juga yang fun," sambung dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title