Genjot Pariwisata Sumenep, Cara Achmad Fauzi Tekan Angka Kemiskinan

Pantai di Sumenep sajikan keindahan alam yang eksotis
Sumber :

Jatim –Penguatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan lapangan pekerjaan terus dilakukan oleh Bupati Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi Wongsojudo. Hal itu sebagai upaya menekan angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep.

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Selain itu, potensi wisata yang sangat besar juga jadi bidang garap tersendiri Bupati Sumenep. Kabupaten Sumenep memang terkenal dengan keindahan alam, keragaman budaya, dan peninggalan sejarahnya. 

Berkat inovasi dan promosi, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep terus meningkat. Kondisi ini, syahdan berkontribusi positif dalam menekan angka kemiskinan, termasuk mengurangi angka pengangguran. 

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Menurut Fauzi, meningkatnya kunjungan wisatawan secara otomatis membuat sektor UMKM tumbuh, kemudian mampu menyerap lapangan pekerjaan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep pada 2022 sekadar menyisakan 18,76 persen. Jumlah ini jauh menurun ketimbang tahun 2021 yang mencapai 20,51 persen.

PKB Raih Suara Terbanyak Dapil Madura, Sisa Kursinya Diisi Pendatang Baru

Sementara tingkat pengangguran terbuka pada 2022 tinggal 1,36 persen, berkurang dari tahun 2021 sebesar 2,31 persen. Meningkatnya sektor pariwisata juga memperkecil angka ketimpangan sosial, karena banyak menyerap tenaga kerja di perdesaan.

Data gini ratio pada tahun 2022 juga menurun, menyisakan 0,266 persen. Angka gini ratio pada tahun 2021 masih 2,31 persen. Penurunan angka pengangguran terbuka dan indeks gini ratio menjadi yang terbaik dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title