Kerjasama Honda, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki Kembangkan Motor Hidrogen

Honda, Suzuki, Yamaha dan Kawasaki Kembangkan Motor Hidrogen
Sumber :
  • Ist

Empat produsen raksasa sepeda motor di Jepang melakukan kerjasama dalam mengembangkan mesin bertenaga hidrogen. Keempat pabrikan tersebut membentuk HySE (Hydrogen Small Mobility and Engine Technology).

Didesain Modern Klasik Retro, Segera Cek Harga dan Spek Motor Matik New Honda Stylo 160

Industri otomotif tengah gencar mencari energi alternatif guna mengurangi emisi karbon di masa mendatang. Kendaraan listrik dinilai masih belum efektif untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Maka itu, hidrogen dipilih sebagai salah satu alternatif karena menggunakan mesin yang sudah ada, tidak seperti kendaraan listrik. "Hidrogen adalah jenis energi bersih generasi mendatang yang memiliki potensi besar," kata Presiden Yamaha Yoshihiro Hidaka.

LEXi LX 155 Motor Generasi Baru Kelas Premium Berteknologi Tinggi

Dilansir dari Rideapart, ini sejalan dengan kebijakan Jepang untuk mempromosikan hidrogen sebagai sumber energi generasi berikutnya. Di mana, hanya menghasilkan air sebagai emisi saat digunakan sebagai bahan bakar.

Agar bisa mengemas tenaga hidrogen dengan baik, maka butuh beberapa tahun lagi agar produk berbahan bakar ini bisa siap digunakan oleh khalayak umum. Keempat pabrikan tersebut memiliki andil masing-masing.

Kehabisan Bensin saat Melaju di Tol? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

Honda bertugas mengembangkan model apapun, Suzuki akan menguji kinerja dan keandalan mesin saat dikembangkan. Sementara Yamaha akan memiliki tugas untuk membuat cara yang aman untuk membawa dan mengisi bahan bakar mesin hidrogen.

Terakhir Kawasaki akan melihat peralatan tambahan yang diperlukan untuk sistem dan tangki bahan bakar hidrogen. Kawasaki sendiri telah mengembangkan mobil bermesin hidrogen dengan Toyota Motor Corp.

Halaman Selanjutnya
img_title