Apple Hadirkan Fitur Baru bagi Penyandang Disabilitas Kognitif

Apple iPhone
Sumber :
  • 9to5mac.com

JatimApple hadir dengan serangkaian fitur iOS baru untuk para penggunanya yang menyandang disabilitas kognitif. Hal itu dilakukan pada saat Hari Kesadaran Aksesibilitas Global yang jatuh pada 18 Mei 2023 kemarin.

Perusahaan Penyedia Layanan Kreatif Ini Majukan UMKM Lewat Kolaborasi Teknologi, Seni dan Inovasi

Dalam keterangan resminya, dikutip dari VIVA, Rabu, 24 Mei 2023, aksesibilitas kognitif yang diperbarui Apple adalah Live Speech, Personal Voice dan lain-lainnya. Fitur baru itu merupakan kolaborasi dengan kelompok disabilitas. Memanfaatkan perangkat keras dan lunak canggih, termasuk pembelajaran mesin on-device untuk membuatnya bekerja.

Pembaruan terbesar adalah "Assistive Access" atau akses bantuan yang dirancang untuk mendukung pengguna dengan disabilitas kognitif. Pada dasarnya, ini memberikan pengalaman khusus dan disederhanakan untuk aplikasi telepon, FaceTime, Pesan, Kamera, Foto, dan Musik.

5 Strategi Ampuh Kembangkan UMKM Lebih Cepat

Itu termasuk "interface berbeda dengan tombol kontras tinggi dan label teks besar" bersama dengan alat yang dapat disesuaikan oleh pendukung tepercaya untuk setiap individu.

"Misalnya, untuk pengguna yang lebih suka berkomunikasi secara visual, message menyertakan keyboard khusus emoji dan opsi untuk merekam pesan video untuk dibagikan dengan orang yang dicintai."

Hadirnya UNU Pasuruan Jadi Tonggak Kemajuan NU melalui Teknologi

Pengguna dan pendukung tepercaya juga dapat memilih antara tata letak berbasis grid yang lebih visual untuk Home Screen dan aplikasi, atau tata letak berbasis baris untuk pengguna yang lebih suka teks," tulis Apple.

Tujuannya adalah untuk mendobrak hambatan teknologi bagi penyandang disabilitas kognitif.

Halaman Selanjutnya
img_title