Kolesterol Tinggi Juga Dapat Dialami Orang Bertubuh Kurus, Ini Kata Dokter

Ilustrasi Kolesterol
Sumber :
  • Istimewa

JatimKolesterol tinggi yang  tidak diatasi sejak dini dapat berakibat fatal terhadap serangan jantung hingga stroke. Meski demikian, banyak yang tak menyadari bahwa kolesterol tinggi tak selalu dialami oleh mereka yang bertubuh gemuk, namun juga pada yang memiliki tubuh kurus sekali pun. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Dokter spesialis penyakit dalam dr. Irsan Hasan SpPD, mengatakan bahwa kolesterol dapat mengintai siapa saja di usia berapa pun, termasuk anak-anak muda. Tak hanya usia, kolesterol juga kerap mengintai orang-orang yang memiliki tubuh kurus lantaran dipengaruhi sejumlah faktor.

"Tidak betul tubuh kurus pasti kolesterolnya bagus. Kurus tidak dijamin tidak kolesterol tinggi karena ada 40 persen tingginya kolesterol karena genetik," ujarnya dilansir dari VIVA, Selasa 30 Mei 2023.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Faktor genetik juga menjadi penentu kerentanan seseorang terhadap kolesterol tinggi. Bagi orang tua dengan riwayat kolesterol tinggi, maka dianjurkan segera memeriksa kadar kolesterol secara rutin melalui tes darah mandiri atau pun cek medis secara menyeluruh untuk benar-benar memahami kadar kolesterol dalam darah.

"Makanya kalau orang tua kolesterol tinggi, periksa. Jadi pada yang kurus, pola makan baik, biasanya ada genetik. Tidak selalu kurus kolesterolnya bagus," tambahnya. 

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Selain faktor genetik, pola makan juga berpengaruh besar terhadap kadar kolesterol, di mana asupan tinggi lemak jenuh memicu kolesterol tinggi. Jenis makanan yang dimaksud biasanya cenderung tinggi asam lemak jenuh yang jadi bahan baku kolesterol tinggi dalam tubuh.

"Makanannya apa aja? Daging hewani tinggi lemak. Bisa dari protein hewani atau nabati yang bisa mempengaruhi kolesterol darah," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title