Peduli Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini, Orangtua Wajib Tahu Hal Ini

Pemeriksaan gigi anak gratis oleh Formula Junior
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Setiap orangtua pasti selalu mendambakan buah hatinya sehat dan produktif. Salah satu persoalan yang rentan dialami anak di waktu kecil adalah kesehatan gigi. Hal ini kerap terjadi lantaran banyak jenis cemilan yang dikonsumsi anak.

Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa? Simak Penjelasan Buya Yahya

Berkaitan hal ini, produk perawatan kesehatan gigi dan mulut asli Indonesia dari OT Group, Formula, memberikan solusi bagi orangtua dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sejak dini. Melalui kegiatan Formula Junior Eduhealth, para orangtua diedukasi pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sejak dini.

Dokter Spesialis Gigi Anak, Tri Soehartini SP.KGA dari klinik DentaLand Surabaya mengatakan bahwa membentuk kebiasaan anak untuk merawat gigi dan mulut merupakan tanggung jawab orangtua. Menurutnya, anak harus dididik peduli karena kualitas kesehatan gigi dan mulut kelak mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Ini Juara Tim Sepak Bola Putri Cilik di Ajang MilkLife Soccer Challenge di Surabaya

“Pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan. Jika gigi anak tidak diperhatikan perawatannya sehingga terjadi kerusakan, seperti karies dan berlubang, maka akan memengaruhi kesehatan giginya saat dewasa," ungkapnya saat mengedukasi pada orangtua dalam acara Formula Junior Eduhealth di Atrium Tunjungan Plaza 6.

Dalam kegiatan yang bekerjasama dengan DentaLand dan BaLiTa Fun Playground ini, dokter gigi Tri lantas menyebut bahwa membiarkan gigi susu rusak dapat berdampak pada pencernaan anak bisa ikut terganggu. Sebab, jika ada gigi berlubang, makanan tidak akan dikunyah dengan baik oleh anak.

Yuhronur Efendi Daftar Cabup Lamongan ke Demokrat, Ingin Direkom Lagi

"Selain itu gigi susu bermasalah dapat membuat gigi permanen tumbuh tidak rapi atau berantakan,” tambahnya.

Untuk itu, orangtua, lanjut Tri, harus mengajarkan beberapa tips kepada anak untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Seperti rajin menyikat gigi dua kali sehari. Setiap selesai sarapan pagi dan sebelum tidur malam juga rutin sikat gigi.

Halaman Selanjutnya
img_title