Anak Kecanduan Game Online? Begini Cara Orang Tua Mengatasinya

Ilustrasi bermain game di HP.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Keterbukaan teknologi dan informasi membuat gaya hidup dan prilaku manusia kian berubah. Di antara mereka ada yang bijak memanfaatkan teknologi, namun tak jarang pula ada dari mereka yang justru tidak bijak. Sehingga berdampak buruk bagi keberlangsungan hidupnya.

Jaga Kesehatan Anak, Ini 5 Cara Pilih Camilan yang Baik dan Bergizi

Seperti kehadiran game online dalam dunia anak-anak. Bahkan, game online tak hanya digandrungi anak-anak, melainkan semua kalangan baik yang muda maupun dewasa. Banyak dari mereka yang merasa terhibur dengan perkembangan popularitas game online.

Meskipun bermain game online bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mendidik, terdapat risiko serius yang terkait dengan kecanduan game online pada anak-anak. Berikut ini bahaya kecanduan game online pada anak dan cara mengatasinya, dilansir dari VIVA, Kamis, 9 Agustus 2023.

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Bahaya Kecanduan Game Online:

Gangguan Kesehatan Mental

Omzet Transaksi Game Online di Loket Tradisional Naik 5 Kali Lipat Selama Libur Lebaran

Anak yang kecanduan game online berisiko mengalami gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan isolasi sosial. Keterbatasan interaksi sosial dan waktu yang dihabiskan di depan layar dapat merusak keseimbangan emosional mereka.

Pengabaian Akademis

Halaman Selanjutnya
img_title