5 Ide Lomba Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Punya Nilai Edukatif untuk Anak

GUSDIRian Sumenep saat menggelar lomba mewarnai sketsa Gus Dur
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun ini jatuh pada Kamis 17 Agustus 2023. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan saat HUT RI setiap tahunnya, mulai dari upacara bendera pada pagi hari, lomba 17-an hingga karnaval kemerdekaan. 

Kontribusi Lapis Kukus Pahlawan untuk Ekonomi Surabaya di Usianya Ke-7

Berbicara mengenai lomba 17-an, HUT Kemerdekaan RI, yang tiap tahun selalu diadakan dalam perayaan HUT RI, setiap daerah di Indonesia memiliki beragam lomba menarik mulai dari panjat pinang hingga tarik tambang.

Namun sejumlah kegiatan tersebut umumnya akan dilakukan oleh orang dewasa. Lantas bagaimana dengan anak-anak? Berkaitan dengan lomba 17-an untuk anak-ana, berikut bisa jadi inspirasi dan bisa mencoba beberapa permainan edukatif.

Sopir Truk Tangki Tabrak Belasan Penonton Karnaval di Mojokerto Divonis 10 Bulan Penjara

1. Memasukkan pensil dalam botol 

Lomba ini tak pernah terlewat di setiap tahunnya. Nantinya dalam lomba ini, anak-anak akan diminta memasukkan pensil yang telah diikat dengan tali di perut mereka. Anak-anak itu kemudian berlari menuju tempat botol dan memasukkan pensil tersebut dalam botol. Permainan ini mungkin dianggap sepele, namun siapa sangka permainan ini bisa mengasah konsentrasi anak-anak ketika memasukkan pensil ke dalam botol melalui lubang botol yang kecil. 

Pentingnya RI Diplomasi ke AS untuk Hentikan Serangan Israel ke Palestina

2. Lomba menggambar dengan tema HUT Kemerdekaan

Mungkin lomba menggambar terdengar umum di kalangan masyarakat tanah air. Namun siapa sangka menggelar lomba menggambar ini bisa mengasah ide kreatif yang dimiliki anak-anak untuk dituangkan di atas kertas gambar.

Halaman Selanjutnya
img_title