Dulu Sawah, Nangkula Park Tulungagung Kini Jadi Wisata Murah Favorit Keluarga

Pengunjung tengah asyik menikmati spot foto di Nangkula Park.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim –Desa-desa dengan berbagai keanekaragaman kebudayaan hingga menyimpan potensi alam ditangkap sebagai peluang. Dulu yang hanya hamparan sawah, Nangkula Park yang ada di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung disulap menjadi rekreasi keluarga murah meriah.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kendal Bulur, Shobir Alamzah mengungkapkan bahwa 'Nangkula Park' merupakan taman rekreasi, sarana olahraga, wisata selfie hingga kuliner berada dalam satu tempat di sekitar area persawahan.

"Dulu sawah aset miliknya desa seluas kurang lebih 1,3 hektare. Awalnya ide dari visi misinya Pak Kades melalui RPJM lama untuk membangun sebuah lapangan yang itu ada nilai lebih," ungkap Shobir Alamzah ditemui di lokasi wisata, Sabtu, 23 September 2023.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Menurutnya, Kepala Desa Kendalbulur mempunyai ide, lalu diaplikasikan menjadi lapangan dengan mengkonsep sebuah wisata 'Nangkula Park' kepanjangan dari Bapak Anang Kuliner Lapangan.

Lalu, untuk awal-awal, pihaknya mengkonsep taman bunga yang memiliki tema cinta. Lantaran, cukup luas bidang tanah yang ditanami bunga yang menawan yaitu menggunakan Bunga Celosia. Ditambah lagi di tengah-tengah terdapat icon sebilah keris menjulang tinggi.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

"Icon itu setidaknya bisa mengangkat kearifan lokal keris," imbuh Shobir.

Pria 40 tahun ini menjelaskan buka dan dilaunching destinasi saat awal pandemi yautu 2020. Saat covid-19 melanda, sistem buka tutup mengikuti peraturan pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title