Ditlantas Polda Jatim Punya Aplikasi ILMU, Kendaraan Hilang Kini Mudah Dicari

Kapolda Jatim dan Dirlantas saat peluncuran aplikasi ILMU.
Sumber :
  • Humas Polda Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur mengembangkan aplikasi yang diresmikan Korlantas Polri bernama Hilang Temu, disingkat ILMU. Masyarakat yang kehilangan kendaraan bermotor bisa memanfaatkan aplikasi inovatif ini. Dengan ILMU, kendaraan cepat dan mudah ditelusuri sehingga kemungkinan besar bisa ditemukan kembali.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Diluncurkan sejak Senin pekan lalu, aplikasi ILMU sudah berbuah hasil. Berdasarkan data awal, ada sejumlah kendaraan yang berhasil ditemukan kembali berkat aplikasi ILMU. Di antaranya di Kabupaten Jember, Tuban, Kediri Kota, Mojokerto Kota, Madiun, dan Kabupaten Nganjuk.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan, untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, masyarakat mesti mengunduh melalui toko pengunduhan online. Setelah terunduh dan dibuka, pengguna lantas diminta mengisi data kendaraan yang hilang.

Kawal Aksi May Day di Surabaya, Polda Jatim Terjunkan 1.758 Personel

Beberapa kasus, setelah pengguna mengunduh ILMU, mereka menemukan kendaraannya sudah diamankan di polres. “Ternyata  kendaraan mereka yang dilaporkan hilang tersebut telah ditemukan dan diamankan di polres. Sehingga warga tersebut dapat mengambil kendaraannya yang hilang tersebut di polres masing-masing,” kata Taslim dalam keterangannya, Minggu, 1 Oktober 2023.

Taslim menuturkan, nama panjang aplikasi tersebut ialah ILMU Semeru dan Teguran Presisi. Aplikasi tersebut dikembangkan dalam rangka transformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan), guna menjadikan Sumber Daya Manusia Polri yang unggul di era Police 4.0. 

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan U-23 di Polda Jatim, ada Dangdutan Hingga Banjir Doorprize

"Peluncuran aplikasi tersebut guna mendukung kebijakan Kapolri dalam program “Quick Wins Presisi” dalam digitalisasi penegakan hukum lalu lintas, serta guna mendukung terlaksananya program Commander Wish Kapolda Jatim, tentang membangun sistem pelayanan berbasis teknologi digital dan data, untuk mendukung kegiatan kepolisan," ujar Taslim.

Dia menjelaskan, aplikasi ILMU Semeru adalah aplikasi laporan kehilangan kendaraan bermotor yang terkoneksi dengan seluruh jajaran Polda Jatim dan telah terintegrasi dengan Sistem ERI (Electronic Registration and Identification) milik Korlantas Polri, dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat dan kepolisian untuk melakukan pendataan dan validasi terhadap barang bukti kendaraan bermotor.

Halaman Selanjutnya
img_title